Jabatan Kabag Keuangan Kosong

100 PNS Dimutasi

CURUP, BE – Sekitar 100 pegawai negeri sipil (PNS) terdiri dari pejabat struktural, fungsional dan kepala sekolah, sekitar pukul 09.00 WIB kemarin (12/11), dimutasi.   Mutasi ini digelar Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong di ruang Pola Setdakab RL. Data terhimpun wartawan, setidaknya ada 92 pejabat struktural dan fungsional, dan 8 kepala sekolah SMP dan SMA dilantik dan diambil sumpah yang dipimpin langsung Bupati RL H Suherman SE MM. (lihat grafis pejabat dimutasi).
Pelaksanaan mutasi yang dihadiri Ketua DPRD RL Drs Darussamin, Sekda RL Drs Sudirman, serta sejumlah pejabat forum koordinasi pimpinan daerah, dan pejabat dinas instansi pemerintah tersebut, juga dilakukan pelantikan Ketua TP PKK tingkat kecamatan, dan Lurah yang dipimpin langsung Ketua TP PKK RL Hj Susilawati SE MM.
Menariknya, pada mutasi menjelang akhir tahun 2012 tersebut, jabatan Kepala Bagian Administrasi Keuangan yang selama ini dijabat Masropen Iriadi, kosong. Posisi jabatan yang kerap diistilahkan prajurit bergaji jenderal tersebut, akan diduduki oleh pelaksana tugas.  Masropen Iriadi sendiri dipindahtugaskan untuk mengisi jabatan Sekretaris Kesbangpol dan Linmas.
“Untuk Kabag keuangan, nanti akan dijabat oleh pelaksana tugas. Nanti Kabag anggarannya yang akan kita tugaskan. Meski kosong, tidak masalah, kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan akan tetap berjalan normal,” tegas bupati, saat dikonfirmasi wartawan.
Sementara itu, Sekdakab Rejang Lebong Drs Sudirman mengatakan, jika besok (hari ini, red) Plt Kabag Keuangan akan segera ditetapkan, untuk menjalankan tugas Kabag Keuangan yang kosong.  “Besoklah Kabag Keuangan akan di-Plt-kan dulu,” katanya.
Selain posisi jabatan Kabag Keuangan, dua camat juga harus tereliminasi. Camat Curup Selatan Gunawan Sumantri, dipindahtugaskan sebagai Sekretaris Dinas Kehutanan dan Perkebunan. Posisi Camat Curup Selatan tersebut, digantikan oleh Edi Robinson, yang sebelumnya menjabat Kabid program dan daya tarik wisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.  Camat Curup Tengah Khairul Ikhwan dipindahtugaskan sebagai Pengawas TK/SD pada Dinas Pendidikan RL, posisi jabatan Camat Curup Tengah digantikan oleh Jimmy Ramon yang sebelumnya menjabat sebagai Lurah Timbul Rejo.
Terlepas dari beberapa posisi jabatan yang bergeser tersebut, bupati menyampaikan, jabatan yang diemban saat ini merupakan amanah untuk memberikan pelayanan pada masyarakat dnegan maksimal. Karena itu bupati meminta agar para pejabat yang baru dilantik untuk meningkatkan kinerjanya dan segera beradaptasi dan beri pelayanan yang baik pada masyarakat.  “Pelantikan ini untuk penyegaran, promosi dan saya yakin pejabat yang lama menjabat di jabatan yang sama merasa jenuh dan butuh penyegaran ditempat yang baru,” tuturnya.
Bupati juga mengingatkan, pada pejabat eselon II yang duduk di kursi jabatanya untuk benar-benar mempergunakan jabatanya untuk memberikan pelayanan pada masyarakat.  “Jangan hanya duduk manis dikursi dan dibelakang meja, khusus untuk camat dan lurah, turun ke lapangan lihat kondisi masyarakatnya, jangan hanya duduk saja,” harapnya.
Bupati juga menegaskan, pada awal tahun 2012 giliran pejabat eselon II dan setingkat Kabid bakal di evaluasi atas kinerja mereka selama satu tahun. “Saya sudah sampaikan pada Kepala Dinas untuk mencari dana ke pusat dibawa ke Rejang Lebong untuk pembangunan.  Kalau tidak bisa, siap-siap awal tahun digeser, karena dianggap tidak mampu. Kita ini mau membangun daerah, bukan menghabiskan duit daerah,” tegasnya.
Bukan hanya diwajibkan melakuakan kegiatan rutin pembangunan fisik, bupati juga meminta pada dinas SKPD dan Camat untuk mengaktifkan pengajian yang sering ia sampaikan di berbagai momen penting sebagai landasan iman dan taqwanya.  Terpisah, Kepala BKD Rejang Lebong Amir Hamzah menyampaikan, pelantikan pejabat eselon 4 dan 3 tersebut merupakan penyegaran dan kebutuhan organisasi. “Ada yang jabatannya tetap, ada yang naik, pada dasarnya mutasi ini untuk penyegaran jabatan kebutuhan diorganisasi itu sendiri,” terangnya. (999)

====
Grafis Daftar Mutasi Pejabat
    Nama                                                           Jabatan baru
Masropen Iriadi,                              Sekertaris Kesbangpol dan Linmas
Lensiana                                            Sekertaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah
Hasanusi,                                          Sekertaris Dinas Permabangan dan Energi
Gunawan Sumantri                         Sekertasris Dinas Kehutanan dan Perkebunan
Awaludin                                          Memasuki masa persiapan pensiun
Sumardi                                           Sekertaris Dinas Kependudukan dan Capil
Awi Akib                                          Fungsional umum Dinas Kependudukan dan Capil
Sudirman                                         Kabid pendidikan dan diklat pada BKD
Roziana                                            Kabid perencanana Dispendik
Amlianto                                         Kabid angkutan di Dishukominfo
Ahmad Donal                                 Pengawas SMP dan SMA di disdik
Khairul Ikwan                               Pengawas TK,SD Disdik
Edy Robinson                                Camat Curup Selatan
Jimmy Ramon                               Camat Curup Selatan

Sumber : Kegiatan Mutasi