Izin Jalan Batu Betiang Belum Turun

Jalan setapak menuju batu betiang
Jalan setapak menuju batu betiang

CURUP, Bengkulu Ekspress – Meskipun sebelumnya tim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sudah melakukan survei pembangunan jalan menuju Air Terjun Batu Betiang, namun hingga saat ini izin untuk pembangunan jalan di kawasan Taman Nasional Kerinci Sebelat tersebut belum juga turun.

“Hingga saat ini belum ada petunjuk maupun izin yang turun dari KLHK terkait dengan pembangunan jalan menuju Air Terjun Batu Betiang, meskipun sebelumnya tim sudah pernah survei,” terang Staf Bidang Pengelolaan Wilayah III Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS) Bengkulu-Sumsel, Insan Ramdhani saat ditemui Rabu (24/1) kemarin.

Dijelaskan Iksan, sebelum tim survei turun, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong yang dipimpin langsung oleh Bupati Rejang Lebong telah menghadap langsung Menteri LHK untuk meminta izin pembangunan jalan di kawasan TNKS untuk menuju Air Terjun Batu Betiang. Hanya saja menurut Insan usulan pembangunan jalan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, dengan lebar seluas 12 meter.

“Dari usulan inilah, tim survei turun beberapa waktu lalu untuk melihat kondisi yang ada di lapangan,” tambah Ihsan.
Lebih lanjut Ihsan menjelaskan, meskipun usulan pembangunan jalan tersebut nanti dikabulkan oleh KLHK. Kemungkinan besar lebar jalan yang akan dibangun bukan 12 meter. Karena menurut Ihsan berdasarkan peraturan yang ada pembangunan jalan wisata dikawasan taman nasional hanya diperkenankan selebar 4 meter.

Dari 4 meter tersebut nantinya akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu 1,5 meter untuk jalur pejalan kaki dan sisanya sebanyak 2,5 meter baru dibangun untuk kendaraan khusus Pariwisata.

“Sepengetahuan saya, kalau dikawasan taman nasional yang dibolehkan hanya 4 meter, itupun dibagi dua yaitu untuk pejalan kaki dan kendaraan khusus wisata,” terangnya.

Namun menurut Ihsan, ia tidak tahu bila nanti ada kebijakan lain untuk pembangunan jalan dikawasan TNKS tersebut. Ihsan berharap bila nanti pembangunan jalan dikawasan TNKS tersebut terlaksana bisa menunjang pariwisata Air Terjun Batu Betiang dan bisa memberikan dampak yang positif bagi masyarakat sekitar kawasan Taman Nasional Batu Betiang.

“Potensi Air Terjun Batu Betiang ini cukup baik, dan KLHK dan TNKS, sudah menyutujui pemgembangan Air Terjun ini, karena memang masuk dalam zona pemanfaatan,” demikian Iksan. (251)