Istri Mendagri Lantik Ketua TP PKK Provinsi

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Ketua Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Pusat, dr Erni Guntarti Tjahjo Kumolo resmi mengukuhkan Derta Wahyulin Rohidin AKs sebagai Ketua Tim Pengerak PKK Provinsi Bengkulu. Pengukuhaan yang digelar di Gedung Daerah Provinsi Bengkulu itu juga dihadiri oleh Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah.

Dalam kesempatan itu, Ketua PKK Pusat, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo mengatakan, PKK harus tetap fokus untuk melakukan pendampingan dan advokasi dalam mewujudkan ketahanan keluarga. “Keberhasilan ketahanan keluarga itu bentuk suksesnya kinerja PKK,” ujar Erni dalam sambutan pelantikan Ketua PKK Provinsi Bengkulu di Gedung Daerah Provinsi Bengkulu, kemarin (11/2).

Dijelaskannya, peran PKK Provinsi harus tetap bisa menggerakan tim PKK kabupaten. kecamatan hingga PKK di tingkat desa. Ketika semua tim PKK itu bergerak, maka program ketahanan keluarga bisa sama-sama diwujudkan.
“Harus ada kesinambungan, sinergi dan kompak sampai tingkat kabupaten hingga desa,” tambahnya.

Tidak hanya itu, Erni yang juga istri Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo itu juga menegaskan, PKK juga bias berperan menggali potensi daerah. Potensi itu bisa dikembangkan, tidak hanya pada tingkat provinsi saja, tapi sampai ketingkat nasioanal. “PKK juga memiliki peran membantu pemerintah dalam menggali potensi yang ada,” tegas Erni.

Sementara itu, Ketua Tim PKK Provinsi Bengkulu, Derta Wahyulin Rohidin mengatakan, tugasnya sebagai Ketua PKK definitif itu hanya melanjutkan saja program semasa dirinya masih menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua PKK Provinsi. “Tidak ada yang berbeda, hanya pendefinitipan saja. Kalau program tetap melanjutkan yang sudah kita buat selama ini,” ujar Derta.



Kedepan yang ia bersama pengurus PKK Provinsi lainnya lakukan dengan memperkuat sistem koordinasi bersama PKK kabupaten, kecematan sampai ketingkat desa. Sehingga program yang sudah ada, hingga pendapingan itu bisa sama-sama direalisasikan. “Kedepan, kita bisa lebih kompak lagi, dalam membantu pemerintah merealisasikan semua programnya,” paparnya.

Disisi lain, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan, kinerja PKK itu sangat luar bisa. Karena semua bidang dikerjakan. Berbeda dengan pemerintah yang hanya mengerjakan pada masing-masing bidang saja. “Jadi peran PKK ini sangat penting untuk membantu pemerintah dalam merealisasikan program sampai ke masyarakat,” ujar Rohidin.

Kedepan, PKK itu bisa turun sampai ketingkat daerah. Karena perannya PKK provinsi itu melakukan monitoring kegiatan yang bisa langsung tersentuh dengan masyarakat. “Kegiatan PKK itu juga harus sinergi dengan program pemerintah. Khususnya sinergi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD). Karena tujuannya tetap menjadi keluarga yang tangguh,” pungkasnya. (151)