Istri Bupati Rejang Lebong Bergelar Ratu Putri Dayang Sriban

Bupati
Bupati Rejang Lebong didampingi sang istri saat menerima gelar adat untuk sang istri dari Ketua BMA Kabupaten Rejang Lebong. (Foto ARY/BE).

CURUP, BE– Meskipun prosesi pemberian gelar adat bagi ketua TP PKK Kabupaten Rejang Lebong digelar Rabu (3/5) lalu, penyematan nama dilakukan kepada Hj Fitri Hertikasari Hijazi SE tersebut baru, kemarin (4/5).

Pengumuman gelar adat diterima istri Bupati Rejang Lebong tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Badan Musyawarah Adat (BMA) Kabupaten Rejang Lebong, Herman Firnadi, SSos pada kegiatan upacara pembukaan HUT Kota Curup. “Untuk nama adat yang kita berikan kepada ibu Fitri Hertikasari Hijazi SE adalah Ratu Putri Dayang Sriban,” ungkap Heman yang disambut tepuk tangan tamu undangan yang hadir.

Saat ditemui usai acara, Ketua BMA Rejang Lebong menjelaskan nama Ratu Dayang Sriban yang diberikan kepada Ketua TP PKK Kabupaten Rejang Lebong tersebut, merupakan nama leluhur masyarakat Rejang Lebong pada masa sebelum masuknya agama islam yaitu Putri Dayang Sriban. “Dulu Putri Dayang Sriban ini tiga bersaudara, dan Putri Dayang Sriban ini bertugas didataran tinggi yaitu Rejang Lebong ini,” jelas Herman.

Lebih lanjut Herman menjelaskan, Putri Dayang Sriban ini dulunya memiliki tugas untuk membimbing masyarakatnya, sehingga ia menjadi panutan pada masa itu. Oleh karena itu dengan diberiannya nama tersebut kepada Ketua TP PKK Kabupaten Rejang Lebong diharapkan Ketua TP PKK Kabupaten Rejang Lebong bisa menteladaninya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sebagai istri dari seorang bupati.

“Kita berharap dengan diberikannya nama ini, beliau (Ketua TP PKK Rejang Lebong) bisa meneladani dan melanjutkan perjuangan Putri Dayang Sriban dalam membimbing masyarakat,” harap Herman.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Rejang Lebong, Hj Fitri Hertika Sari Hijazi saat dikonfirmasi mengungkapkan rasa terima kasihnya atas gelar yang diterimanya. Ia mengaku akan menjaga baik amanah yang diberikan kepada dirinya tersebut.

“Mudah-mudahan dengan diberinya gelar ini, saya bisa menjalankan amanah dan bisa mendampingi bapak dalam memimpin Rejang Lebong ini,” singkat Bunda sapaan akrab ketua TP PKK Kabupaten Rejang Lebong.(251)