Irwasum Polri Periksa Polda

IRWASUM

BENGKULU, BE – Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Mabes Polri, Komjen Pol Drs Dwi Priyatno SH menyambangi Mapolda Bengkulu, hari Rabu (27/5) kemarin. Kedatangan jenderal bintang tiga ke Provinsi Bengkulu ini, untuk melakukan pemantauan sejauh mana kinerja yang telah dilakukan oleh Polda Bengkulu selama ini.

“Saya sebagai Irwasum rutin melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan (Wasrik) ke Polda – polda, termasuk Polda Bengkulu. Diantaranya, dari aspek pelaksanaan dan pengendalian. Jadi, program yang dilaksanakan Polda Bengkulu dan jajarannya kita lakukan pengawasan dan pemeriksaan, sejauh mana kinerjanya,” terang Dwi Prasetyo, di temui BE, di Mapolda Bengkulu kemarin.

Ditambahkan Dwi, dalam pemeriksaan yang dilakukan kemarin, ada beberapa temuan yang diperoleh dan harus segera dilakukan evaluasi Polda Bengkulu. Baik di bidang sarana prasarana, maupun operasional. Meski begitu, ia mengaku bahwa temuan yang didapat ini tak memberikan penilaian yang buruk bagi Polda Bengkulu. Dengan artian, Polda Bengkulu selama ini dinilai sudah mampu menjalankan tugas dan fungsinya (Tupoksi) secara optimal.

“Temuan ini bisa saja karena ada suatu kendala, tapi tidak prinsip. Artinya, selama ini Polda Bengkulu sudah mampu melaksanakan tugasnya secara baik sebagai penegak hukum, menjaga keamanan, ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dan perlindungan terhadap masyarakat secara optimal,” tambah Irwasum.

Sementara itu, Kapolda Bengkulu, ketika ditemui mengakui adanya beberapa temuan yang diperoleh Irwasum. Meski demikian, ia mengaku akan segera melakukan evaluasi untuk menuntaskan temuan tersebut secepatnya.

“Kita diminta Irwasum untuk menyelesaikan temuan ini, baik dari bidang personil, Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana prasarana. Selama satu bulan, kita sudah harus mengirimkan jawaban atas apa yang telah ditemukan tadi (kemarin,red),” terang Kapolda.

Pantauan BE, rombongan Irwasum tiba di Mapolda Bengkulu sekira pukul 09.30 WIB, dengan disambut langsung Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Drs HM Ghufron MM MSi. Tampak hadir diantaranya, seluruh pejabat utama dan para Kapolres dijajaran Polda Bengkulu.(135)