IRT Tertipu Undian Berhadiah

Kabid Humas
AKBP Sudarno

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Nasib apes dialami seorang ibu rumah tangga (IRT) berinisial MA (29) warga Jalan RE Martadinata, Kelurahan Kandang, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu. IRT ini mendapat pemberitahuan dirinya memenangkan undian salah satu situs belanja online sebesar Rp 175 juta. Dari seseorang atas nama Reza yang menelepon melalui nomor handphone 085352552XXX. Malang, bukannya hadiah yang didapat justru IRT ini tertipu RP 4 juta.

Kronologi kejadiannya, berawal pada Selasa (8/1), korban mendapat telepon dari seseorang atas nama Reza yang memberitahukan korban memenangkan undian berhadiah dari Shopee sebesar Rp 175 juta. Saat itu juga, pelaku meminta dikirimi pulsa sebesar Rp 700 ribu.

Korban pun langsung mengirimkan pulsa sejumlah yang dipinta pelaku tanpa ada rasa curiga. Tak lama berselang, pelaku kembali meminta korban mentransfer uang sebesar Rp 1 juta 750 ribu. Kembali korban tanpa curiga mentransfer sejumlah uang tersebut melalui ATM BRI didekat rumahnya.

Untuk ketiga kalinya, dengan berbagai modus, pelaku kembali menghubungi korban untuk meminta mentransfer uang Rp 1 juta 400 rib dan korban pun memenuhi permintaan pelaku mengirimkan uang tersebut melalui ATM yang sama.

Setelah itu, pelaku tak lagi menghubungi korban. Korban yang mulai merasa curiga lantas langsung menghubingi nomor tersebut dan mencoba mengirim pesan via SMS, namun tak ada jawaban dan nomor tersebut. Saat ini nomor handphone pelaku itu sudah tidak aktif lagi. Atas kejadian tersebut korban tertipu hingga total Rp 3,85 juta. Tak terima uangnya raib begitu saja. Korban lalu melapor ke Polda Bengkulu.

Kabid Humas Polda Bengkulu Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Sudarno mengatakan, hal seperti ini sudah sering diimbau Polda Bengkulu. Jangan mudah percaya apalagi memberikan sejumlah uang kepada orang yang tidak dikenal.

“Ya kan kasus ini sering terjadi akibat masyarakat yang mudah percaya ketika diiming-imingi menang undian. Kita juga sering mengimbau kepada masyarakat jangan mudah percaya terhadap undian-undian dengan modus apapun,” ucap Sudarno kepada Bengkulu Ekspress, Jumat (11/1).

“Ya untuk kedepan kita harapkan jangan lagi lah ada laporan masyarakat kena tipu seperti ini. Apalagi yang meminta kirim uang dengan segala modus. Masyarakat harus pintar menyikapi informasi pemberitahuan undian berhadiah dan segala macamnya,” tutup Sudarno. (529)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*