Irigasi Sayap Kanan Dikeringkan

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress – Irigasi sayap kanan yang mengaliri persawahan petani dengan luasan mencapai 1200 hektar yang berlokasi di wilayah kecamatan V Koto dan sekitarnya mulai besok (hari ini,red) dilakukan pengeringan. Pasalnya, irigasi tersebut beberapa waktu lalu mengalami kerusakan.



“Awalnya kita tangani secara darurat dan masih bisa mengaliri persawahan. Mulai besok (hari ini), mulai dilakukan perbaikan,”ungkap Kepala UPTD Pengairan Irigasi Manjunto, Bustari ST MSi.

Kerusakan irigasi itu di sejumlah titik jaringan. Perbaikan harus segera dilakukan, karena sangat dikhawatirkan lahan persawahan milik petani pada musim tanam di bulan ini tidak mendapatkan air yang cukup.

“Perbaikan dibutuhkan waktu sekitar 20 hari kedepan. Pengeringan tersebut juga telah kita sampaikan kepada masyarakat melalui surat edaran,”ujarnya.

Perbaikan tersebut dikerjakan secara swadaya dengan melibatkan petani yang tergabung dalam kelompok tani pemakai air.”Kita imbau petani tidak dulu menggarap lahan persawahannya sebelum irigasi selesai dikerjakan dan dapat mengaliri persawahan sebagaimana mestinya,”ungkap Bustari. (900)