Irigasi Pertanian Harus Diprioritaskan

-foto ilus

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Kondisi irigasi pertanian di wilayah Kabupaten Kepahiang masih banyak yang belum mencapai tingkat standar pelayanan minimal. Hal ini disampaikan anggota DPRD Kepahiang, Edwar Samsi SIp MM.

Menurutnya, anggaran untuk pembangunan irigasi ini sangat tinggi berdasarkan data yang tercatat saat ini ada sekitar 71,44 persen irigasi yang sudah dalam kondisi baik, dan sekitar 28,56 persen irigasi dalam kondisi tidak baik.
“Hal ini harus menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang. Sebab, mayoritas masyarakat Kabupaten Kepahiang adalah petani,”ungkap Edwar.

Sambungnya, para petani Kabupaten Kepahiang sangat memerlukan irigasi yang baik untuk meningkatkan pendapatan hasil pertaniannya. Selama ini Dinas PU hanya memprioritaskan drainase, dia berharap, untuk tahun depan ada prioritas untuk irigasi pertanian. “Seperti yang kita lihat setelah pasca banjir beberapa waktu lalu terdapat beberapa titik irigasi pertanian di Kecamatan Ujan Mas rusak dan di daerah lainnya yang rusak,”jelasnya.

Ditambahkan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait harus benar-benar memantau kerusakan sarana dan prasarana pertanian tersebut. Sehingga irigasi yang rusak akibat banjir ini bisa diperbaiki.  “Selain dari infrastruktur Pemkab juga harus memprioritaskan pembangunan irigasi pertanian, karena banyak masyarakat yang membutuhkannya, untuk meningkatkan hasil pertaniannya,”demikian Edwar. (320)