Irigasi Ambruk, 60 Ha Sawah Terancam

irigasi-sekunyit-suka-negeri-small
JEBOL: Irigasi Sekunyit di Desa Suka Negeri Kecamatan Air Nipis jebol akibat dihantam banjir. 60 hektar sawah kekeringan karena bencana ini.

AIR NIPIS, Bengkulu Ekspress – Puluhan hektar sawah di Desa Suka Negeri Kecamatan Air Nipis terancam tak bisa digarap. Hal ini disebabkan irigasi patah dihantam banjir akibat Sungai Air Nipis meluap.

“Akibat hujan  sering turun, Sungai Air Nipis meluap dan menyebabkan dinding irigasi ambruk. Sehingga ada 60 hektar sawah warga kekeringan,” kata Kepala Desa Suka Negeri, Ekron Hayadi.

Edi berharap Pemda BS dapat segera memperbaiki dinding irigasi yang ambruk tersebut, karena panjangnya lebih dari 30 meter berlokasi di irigasi Sekunyit. “Harapan kami pemda dapat segera memperbaikinya, sebab jika tidak sawah petani terancam tidak bisa produksi,” harap Ekron.

Sementara itu, Wakil Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi SE MM mengakui dirinya sudah mendapat laporan irigasi Sekunyit ambruk. Bahkan dirinya sudah mengecek langsung ke lapangan.

Untuk mengantisipasi agar sawah petani tetap bisa digarap, dalam waktu dekat ini Gusnan mengaku akan berusaha supaya dipasang irigasi darurat dahulu dengan pemasangan kawat bronjong di irigasi yang ambruk itu.

Ia juga mengaku informasi irigasi ambruk tersebut sudah disampaikannya ke Balai Sungai Regional VII Palembang. “Saya sudah cek dan kondisinya sudah saya sampaikan pada pihak balai, untuk sementara ini saya minta bantuan bronjong, setelah itu nanti diusulkan agar dibangun pada APBD 2017 mendatang,” ujar Gusnan.(369)