Ir Ricky Gunarwan

Seperti Air Selalu Mengalir

2Ir Ricky Gunarwan,  bekerja sebagai kepala Dinas Perkebunan Provinsi, selalu  dia  jalankan dengan semangat dalam pengabdiannya kepada masyarakat. Selama ini, dia memang bergelut dengan masalah pertanian. Pria ini  mengawali karir  sebagai abdi negara   sejak tahun  1991 pada  Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bengkulu  Utara.  Alumsi  Jurusan Agronomi Universitas Bengkulu tahun 1989 ini  mengawali karir sebagai pegawai honorer di Dinas Pertanian Provinsi  Bengkulu.

 

Saat diangkat menjadi PNS,  pilihan  sulit dialaminya.  Karena selain diterima sebagai PNS,  juga diterima sebagai dosen di  Universitas Bengkulu dan dan ditawari melanjutkan pendidikannya hingga  S3 di luar negeri. Sayangnya, saat pengumuman diterima sebagai dosen  Universitas Bengkulu itu keluar, dia sedang  mengikuti prajabatan  sebagai PNS di Dinas Pertanian.

 
Mengingat dia,  sudah menyukai pekerjaannya sebagai PNS di Dinas Pertanian karena  berhubungan langsung dengan masyarakat.  Dia merasa bisa  menyalurkan hobinya saat kuliah yaitu seorang pencinta alam dengan  program penghijauan yang dilakukan dinas pertanian serta menurutnya pekerjaan di Dinas Pertanian sangat menantang.

 
“Saya memilih menjadi PNS Dinas Pertanian ketimbang menjadi dosen karena menurut saya mengajari masyarakat akan lebih susah jika dibandingkan mengajar mahasiswa,” terang bapak 4 orang anak ini.

 
Sejak di angkat menjadi PNS, pria  kelahiran Manna 49 tahun silam ini karena kemampuan dan ke uletannya dalam bekerja  selalu dipindahkan untuk membagi ilmunya pada Dinas Pertanian dan perkebunan baik di dinas provinsi maupun kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu.

 
Menurut sosok yang gemar berolah raga ini hal tersebut bisa saja di dapat seseorang asalkan orang tersebut mau belajar dan menggali pengetahuan dari semua lini, termasuk dalam mengkonsep surat. Dan semua pengetahuan tersebut bisa didapat dari mana saja terutama kpada para senior yang ada ditempat bekerja. Ia juga mengatakan sebagai seorang staf dimana saja kita bekerja haruslah baik dan loyal kepada atasan dengan syarat apa yang kita lakukan dan berikan kepada atasan tidak menyimpang dari aturan yang berlaku, dengan loyallitas yang tinggi tersebut kita akan dipercaya dan akan dmudah untuk diberikan amanah. “Saya menjadi Kepala Dinas bukan semata kerena kemampuan saya  melainkan karena kepercayaan yang diberikan kepada saya,” terangnya.

 
Menurut Ricky masalah kemampuan adalah sesuatu yang relatif, karena menurutnya sesuatu yang benar menurut kita belum tentu benar menurut orang lainnya. Dan setelah semua tersebut kita kerjakan menurut Sosok ini kita tinggal menyerahkan kepada Allah SWT, karena menurutnya Allah lah yang menentukan segalanyayang penting kita sudah bekerja dengan optimal.

 
Ia mengatakan bahwa dalam menjalani kehidupan  selalu seperti air,  selalu mengalir, namun harus mempunyai target. Ia terinspirasi dari perkataan sang Proklamator RI Soekarno , “Gantungkan  cita-cita setinggi langit, tapi jangan terlalu ambisi”. Karena menurutnya jika seseorang terlalu ambisi dalam mengejar targetnya  akan menghalalkan segala cara. Jika seseorang sudah menghalalkan segala cara maka akan menimbulkan dampak yang negatif.

 
1“Saya selalu berdoa supaya diberikan jabatan yang memberikan kemaslahatan kepada nusa dan bangsa, keluarga dan yang terakhir adalah kemaslahatan untuk diri saya sendiri,” terang Ricky.

 
Disela-sela kesibukannya sebagai Kepala Dinas Perkebunan, Ia masih menyempatkan untuk selalu berolahraga seperti, Tenis, Bulu Tangkis catur, Bridge dan masih banyak lagi. Bahkan saat ini ia dipercaya sebagai ketua pengurus daerah Bridge Bengkulu.

 

Bengkulu Harus Berbenah.
Saat ini Bengkulu sedang dalam tren perkembangan yang baik namun  masih harus ditingkatkan lagi. Saat ini Bengkulu masih tertinggal dari daerah lain yang ada di Sumatera.

 
Ia  mencontohkan salah satu provinsi yang baru terbentuk yaitu Bangka Belitung. Daerah tersebut  sudah sangat maju hal ini bisa terlihat dari banyaknya Hotel kelas internasional yang berdiri di provinsi pecahan Sumatera Selatan tersebut. Maskapai  Garuda sudah terbang ke Bangka. dan  untuk di Bengkulu sendiri masih sebatas wacana “Untuk merubah semua ini kita perlu melakukan pembenahan disegala  lini. Jika kita ingin Bengkulu ini maju kita harus mengutamakan  kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi,” ungkapnya.

 
Dia  mempunyai beban yang berat untuk kemajuan Provinsi Bengkulu ini karena sektor utama yang menjadi faktor perkembangan  Bengkulu berada dibawah Dinas yang ia pimpin. Menyadari akan hal  tersebut, dia
terus melakukan pembenahan yaitu membantu masyarakat  dengan membuka sentra-sentra ekonomi pada sub sektor perkebunan. Setidaknya ada tujuh produk unggulan perkebunan  Bengkulu yang saat ini terus mereka kembangkan yaitu Kelapa Sawit,  Karet, Kopi, Kelapa Dalam, kakau, Lada dan Teh. “Kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk memajukan Provinsi  Bengkulu, terlebih lagi sektor perkebunan merupakan sektor unggulan di  Provinsi Bengkulu,” pungkasnya.(Ari)

Biodata

  • Nama                                              : Ir Ricky Gunarwan
  • Tempat Tanggal lahir        : Manna 4 April 1964
  • Alamat                                           : Jalan Kapuas I Blok E RT 13/04No 14 Padang Harapan Bengkulu
  • Agama                                             : Islam
  • Istri                                                   : Meri Yuliana S.Sos
  • Anak                                                  : 1. Sheylla Sagita Riski

                                                                               2. Obbie Dwi Anugrah
                                                                               3. Anisa Rahma Saphira
                                                                               4. Diosi Ramadhan Al Rizki

Pendidikan

1. SDN 1 Bengkulu Tamat Tahun 1977
2. SMPN 1 Bengkulu Tamat Tahun 1981
3. SMPP/ SMAN 5 Kota Bengkulu Tamat Tahun 84
4. Agronomi Fakultas Pertanian Unib Tamat tahun 1989

Karier

1. Staf Dinas Pertanian dan Perkebunan Bengkulu Utara
2. Staf Dinas Pertanian Kota Bengkulu
3. Pimpinan Kebun Holtikultura Dinas Pertanian Bengkulu Selatan
4. Staf Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu
5 Kasi Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Bengkulu
6. Kasi Penataan Dinas Pertambangan Bengkulu Selatan
7. Kasubag Lingkungan Hidup Sekretariatan Bengkulu Selatan
8. Kasi Budidaya Dinas Perkebunan Provinsi Bengkulu
9. Kabid Perkebunan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Seluma
10.Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Seluma
11. Kasubdin Bina Usaha Dinas Perkebunan Provinsi Bengkulu
12. Kepala UPTD BPTP Dinas Perkebunan Provinsi Bengkulu
13. Kabid Usaha Tani Dinas Perkebunan Provinsi Bengkulu
14. Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Bengkulu

Penghargaan
1. Satya Lencana 10 tahun
2. Satya Lencana 20 tahun.