IPK Syarat Tes CPNS Minimal 2,9

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Masa pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) telah dibuka sejak Senin (11/11) lalu. Terkhusus peserta yang ingin mendaftar di Kabupaten Benteng, salah satu syarat indek prestasi komulatif (IPK) dari perguruan tinggi minimal 2,90.

“Perlu kami sampaikan, syarat IPK mengalami sedikit kenaikan. Dari CPNS sebelumnya hanya 2,5 saat ini menjadi 2,9,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Benteng, Apileslipi SKom MSi.

Dari hasil pendataan kata Lipi, pendaftaran secara online masih belum ada. Hal ini dianggap wajar mengingat masa pendaftaran memang baru dibuka beberapa hari yang lalu.

“Biasanya, beberapa hari setelah pendaftaran dibuka pelamar masih sibuk melengkapi berkas persyaratan. Pasalnya, pada pendaftaran CPNS secara online, semua berkas persyararan harus di scan dan dikirim,” kata Lipi.

Lebih lanjut, Lipi mengatakan, masa pendaftaran online sekaligus penerimaan berkas fisik ke kantor BKPSDM Benteng akan berlangsung selama 15 hari.

Yaitu, pada tanggal 11-25 November 2019.”Tren selama ini, pelamar akan membludak setelah pertengahan waktu pendaftaran hingga beberapa hari jelang penutupan,” beber Lipi.

Dijelaskan Lipi, momentum seleksi CPNS tahun 2019 ini sedikit menguntungkan peserta CPNS yang telah lulus seleksi kompetensi dasar (SDK) atau P1 pada seleksi CPNS tahun 2018 lalu.

Sesuai dengan kebijakan Pemerintah Pusat, peserta yang dinyatakan lulus SKD pada seleksi CPNS sebelumnya menjadi skala prioritas. Mereka diberikan hak untuk tidak mengikui SKD pada seleksi CPNS tahun 2019. Mereka bisa langsung mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB).

Meski begitu, yang bersangkutan tetap boleh ikut tes SKD untuk mendapatkan nilai yang lebih tinggi. Nilai tertinggi itulah yang akan dipakai.

Secara keseluruhan, Pemda Benteng mendapatkan sebanyak 132 formasi CPNS. Terdiri dari tenaga guru 67 formasi, tenaga kesehatan 33, tenaga teknis 30 dan formasi khusus disabilitas sebanyak 2 formasi.

Dari keseluruhan formasi yang diterima, formasi paling banyak adalah S-1 pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) dengan jumlah 22 orang.(135)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*