iPhone 5 ke Indonesia, Telkomsel Siapkan Kartu SIM Khusus

iPhone 5 datang dengan berbagai perubahan, termasuk ruang kartu SIM menjadi lebih kecil. Dengan ruang yang lebih kecil, Apple mengharuskan operator mitranya harus menyiapkan kartu SIM nano.

Tentunya operator yang menjalin kerjasama bundling dengan Apple menyesuaikan dengan memproduksi kartu SIM khusus itu. Adapun ukurannya 40 persen lebih kecil dari kartu SIM mini, yaitu 12,3 millimeter x 8,8 millimeter.

Telkomsel, salah satu operator mitra Apple di Indonesia, mengaku sudah menjalankan pre-order kartu SIM nano. Pada tahap pertama, Telkomsel telah membuat 1500 kartu SIM nano.

“Iya, pre-order pertama sudah habis pada 5 Oktober lalu. Kami akan lanjutkan pre-order tahap kedua dengan 766 unit kartu SIM nano dan tahap ketiga 900 unit,” kata Adhi Putranto, Head of Core Product Marketing Division Telkomsel saat ditemui di Jakarta, Selasa 9 Oktober 2012.

Untuk tahap kedua, produksi kartu juga semakin diperluas, yakni di Kota Surabaya. Sebelumnya untuk pre order tahap pertama, kartu SIM itu hanya tersedia di Gerai Telkomsel Wisma Mulia dan Gandaria City saja.

Ia mengatakan produksi kartu SIM Nano tentu lebih diperbanyak dibandingkan dengan pemesan iPhone 5 nanti yang akan datang di Indonesia. “Biasanya kami produksi, terus setengahnya itu untuk pengguna iPhone 5,” katanya.

Setelah produksi pre order selesai, Telkomsel akan memproduksi massal kartu SIM nano sebanyak 100 ribu unit.

Saat ditanya soal kelebihan produksi kartu tersebut untuk apa, Adhi mengatakan pihaknya mempersiapkan tren kartu SIM nano di masa mendatang, yang kemungkinan akan diikuti oleh perangkat besutan Samsung dan HTC.

“Ini kan tergantung dengan desain dari perangkat yang ada, bisa saja perangkat ponsel lokal juga demikian,” ujarnya.

Soal harga kartu SIM tersebut, ia hanya memberikan sinyal bahwa harga produksi sama saja dengan kartu fisik seperti biasanya.(**)