Internet Macet dan Listrik Padam Warnai Simulasi UNBK

Simulasi Ujian Nasiona Berbasis Komputer (UNBK) tahap II, yang berlangsung di SMKN 1 Kota Bengkulu, kemarin  (31/1).
Simulasi Ujian Nasiona Berbasis Komputer (UNBK) tahap II, yang berlangsung di SMKN 1 Kota Bengkulu, kemarin (31/1).Simulasi Ujian Nasiona Berbasis Komputer (UNBK) tahap II, yang berlangsung di SMKN 1 Kota Bengkulu, kemarin (31/1).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Simulasi Ujian Nasiona Berbasis Komputer (UNBK) tahap II, yang berlangsung kemarin (31/1), tidak berjalan lancar. Ada gangguan teknis yang mewarnai simulasi UNBK tersebut. Berupa gangguan terputusnya jaringan internet dari server Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Ditambah lagi adanya pemadaman listrik bergilir di sebagian wilayah Bengkulu. Akibatnya beberapa sekolah harus menunggu perbaikan jaringan online kembali bagus.

Salah seorang siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMKN) 1 Kota Bengkulu Tia menuturkan, ”Pelaksanana simulasi ujian nasional sempat diwarnai terputusnya jaringan, namun hanya dialami beberapa siswa saja.”
Panitia Operator Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Provinsi Bengkulu Jefrinaldi membenarkan kendala tersebut. Menurutnya, terputusnya jaringan internet dari Kemdikbud dialami beberapa daerah, termasuk Bengkulu. Tak disebutkan provinsi mana saja yang terkendala pemutusan jaringan.

“Jaringan sempat down 10-20 menit, tetapi tidak menganggu aktifitas siswa mengerjakan soal,” katanya.
Jaringan sempat terputus pada saat siswa/siswi melaksanakan simulsi UNBK mata pelajaran bahasa Indonesia, sesi pertama. Saat itu seluruh siswa sudah mendapatkan token dari Proktor, hanya saja saat hendak log in jaringansudah terputus. Pada sesi II dan sesi III internet sudah lancar kembali.

Pelaksanaan simulasi hari pertama juga diwarnai kendala mati listrik yang diperparah sejumlah sekolah belum menyiapkan genset. Dampaknya siswa harus melakukan log in ulang komputer dengan melanjutkan sisa soal ujian yang belum dikerjakan dengan waktu yang tersisa. Beberapa sekolah yang mengalami pemadaman listrik terjadi di sebagian wilayah kota Bengkulu dan Lebong.

“Kurang siapnya sekolah menjadi catatan tersendiri. Semestinya saat simulasi dilaksanakan proktor sekolah pun harus menyiapkan jenset, mematikan server, dan melakukan log in ulang seperti awal. Simulasi berlangsung dua hari kedepan, harapanya para siswa dan panitia sekolah sudah siap menerapkan layaknya UNBK,” tutupnya.

Pelaksanaan simulasi UNBK jenjang SMK dilakukan baik secara mandiri maupun menggabung. Dari 85 SMK penyelenggara UNBK, diketahui ada 14 sekolah yang menumpang ke sekolah lain. Setiap harinya UNBK dibagi menjadi tiga sesi, agar pelaksanaan ujian berjalan maksimal. Sesi pertama dimulai pukul 08.00 wib,sesi kedua dilaksanakan pukul 11.00 WIB dan sesi ketiga dimulai pukul 14.00 WIB. (247)