Internet Gratis untuk Sekolah dan Puskesmas

Jefryy/BE - Pemberian pemahaman kepada kantor yang mendapatkan jaringan internet untuk penghematan pemakaian.
Jefryy/BE – Pemberian pemahaman kepada kantor yang mendapatkan jaringan internet untuk penghematan pemakaian.

TAIS, Bengkulu Ekspress – Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Seluma, kembali mengusulkan di sekolah dan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Seluma tersedia jaringan internet gratis.

Setelah sebelumnya 17 titik usulan sudah diakomodir Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) dan Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT).

“Usulan kita agar puskesmas dan sekolah tersedia jaringan internet. Hal ini guna mendukung program e-goverment,” ujar Kepala Dinas Kominfo Seluma H Hendarsyah SIP MT kepada BE kemarin (12/2).

Usulan itu sudah disampaikan ke kementrian terkait agar di 2018 ini bisa direkomendasikan. Mengingat kabupaten Seluma masuk kedalam kawasan Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal.

”Besar harapan tahun 2018 ini usulan ini bisa di keluarkan sehingga kinerja ASN sudah mengacu kepada sistem online,” katanya.

Selain mendukung e-Goverment, usulan ini juga agar seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dan unit pelayanan teknis daerah (UPTD) tersedia jaringan internet untuk absensi yang sudah berbasis online. Hanya saja, 18 titik yang sudah tersedia jaringan internet tahun lalu sebagian besar sudah tidak bisa digunakan.

Setelah kuota internet yang sudah disediakan sudah di pergunakan untuk keperluan lainnya sehingga tidak bisa terkoneksi lagi dengan absensi yang sudah dipasang.

“Sebanyak 17 Titik yang sudah diakomodir ternyata juga di batasi penggunaan internetnya dengan jumlah setiap bulannya 5 G dan ini hanya mampu untuk keperluan kerja dan laporan sidik jari ke BKD Seluma. Bukan dengan leluasa menggunakan internet yang ada seperti yang ada saat ini,”sampainya.

Disampaikan pula, pada 2018 ini kementrian sudah mengakomodir internet di daerah ini melalui sistem Manggo Sky, seperti pada Kantor Kelurahan Talang Saling, Kantor Lurah Talang Dantuk, Kantor Camat Talo, Kantor Lurah Masmambang, Kantor camat Semidang Ala(SA),Kantor Camat Semidang Alas Maras(SAM), Kantor Lurah kembang Mumpo, Kantor Lurah Sido Mulyo, Kantor Lurah padang rambun, Kantor Lurah Rimbo Kedui, kantor camat Seluma Selatan, kantor camat Seluma utara, kantor Camat Seluma Barat, kantor Camat Ulu Talo, Kantor camat Ilir Talo, kantor Camat Talo kecil dan Kantor lurah Lubuk sandi.

Sementara beberapa tempat lainnya sudah tersedia jaringan internet melalui jaringan fiber optik yang telah terpasang. Sehingga kantor yang sudah di akomodir ini bisa melakukan pemakaian internet di sesuaikan dengan kebutuhan. (333)