Internet Gangguan, UNBK Molor

Siswa SMA terlihat sedang fokus menjawab soal-soal UNBK, Senin (9/4).
Siswa SMA terlihat sedang fokus menjawab soal-soal UNBK, Senin (9/4).

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat SMA/MA mulai digelar kemarin. Pada hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (9/4) diikuti 9 SMA pelaksana, satu menginduk serta 2 MA negeri.

Pelaksanaan UNBK hari pertama diwarnai gangguan jaringan internet di beberapa sekolah. Akibatnya, pelaksanaan ujian sempat molor.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA, Tarman Hayadi MPd mengatakan, berdasarkan laporan diterimanya, ujian hari pertama terdapat kendala jaringan mewarnai ujian di SMA 7 dan SMA 9 menyebabkan ujian sempat molor.

Namun kendala tersebut tidak sampai menghambat pelaksanaan ujian. “ Pada UNBK hari perdana, ada 2 sekolah yang sempat molor lantaran jaringan internet gangguan, sedangkan sekola lain lancar,” katanya.

Hanya saja, sambung Tarman, meskipun molor, namun anak-anak peserta UNBK tidak terganggu, mereka dapat melaksanakan UNBK dengan baik. Bahkan selesainya tepat waktu. Pasalnya waktu UNBK molor hanya beberapa menit saja. “ Molornya tidak lama, setelah diperbaiki sebentar, internet langsung nyambung dan siswa langsung melaksanakan UNBK,” imbuhnya.

Tarman menjelaskan, untuk antisipasi listrik padam saat ini setiap sekolah sudah mengantisipasinya. Masing-masing sekolah sudah menyiapkan mesin genset. Sehingga ketika listrik tiba-tiba padam saat UNBK berlangsung, sekolah langsung menghidupkan mesin genset. Sehingga pelaksanaan UNBK tidak terganggu.

“ Sebagai antisipasi,jika listrik padam, semua sekolah sudah menyiapkan mesin genset, namun dihari pertama tidak ada gangguan listrik,” ujarnya.

Tarman, menambahkan, sekolah yang menginduk saat UNBK lantaran peralatan untuk UNBK sendiri belum siap yakni SMAN 10 Bengkulu Selatan. Untuk UNBK, Siswa SMAN 10 Bengkulu Selatan ini menginduk ke SMAN 1 Bengkulu Selatan. Kemudian untuk Madrasah Aliyah (MA), hanya MAN dan MA Suka Negeri menggelar UNBK sendiri disekolahnya. Sedangkan MA swasta masih menginduk ke MAN.

“ Ke depan, kami berharap semua sekolah SMA sederajat di Bengkulu Selatan bisa menggelar UNBK sendiri tanpa nginduk ke sekolah lain,” imbuhnya.Adapun peserta UNBK SMA/MA di Bengkulu Selatan tahun ini sebanyak 2.076 siswa.

Pelaksanaan UNBK digelar selama 4 hari yakni mulai kemarin hingga Kamis (12/4). Untuk hari pertama dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan hari kedua yakni hari ini mata pelajaran Matematika. Pelaksanaan UNBK digelar 3 sesi atau shift, pertama pukul 07.30 wib- 09.30 wib. Kemudian pukul 10.30 wib – 12.30 wib dan terakhir pukul 14.00 wib – 16.00 wib.

Dari 2.076 peserta UNBK, pada hari pertama hanya 2.050 siswa yang hadir. Sehingga ada 26 siswa yang tidak hadir. Dari 26 siswa yang tidak hadir, diantaranya 1 siswa SMAN 4 BS. Dirinya tidak hadir karena sakit. Sedangkan 25 siswa lainnya sudah dinyatakan drop out (DO).

“ Untuk 25 siswa yang DO dipastikan gagal,” tutup Tarman. (369)