Inter Tundukkan Milan, 1-0

Walter SamuelDerby Milan-AC Milan pada lanjutan Liga Seri A Minggu (7/10) akhirnya dimenangkan oleh Inter dengan skor tipis 1-0.  Gol kemenangan bagi Inter Milan dicetak Walter Samuel.

Auasana San Siro yang panas ¬†ikut membakar pertarungan ‘Derby della Madonnina”. AC Milan yang bertindak sebagai tuan rumah, mencoba menguasai permainan. Namun, Inter memberi perlawanan ketat.

Bahkan, serangan cepat Inter membuat Milan kaget. Pelanggaran yang dilakukan Daniele Bonera kepada Antonia Cassano mengawali petaka bagi Milan dan berkah buat Inter.

Tendangan bebas yang dilepaskan Esteban Cambiasso melayang manis ke depan gawang Milan. Bek Walter Samuel yang ikut maju langsung menanduk bola ke pojok kanan gawang Milan dan tidak mampu dihalau kiper Christian Abbiati.

Tertinggal 0-1, Milan mencoba bangkit. AC MIlan berangsur lebih unggul dalam penguasaan bola. Namun, mereka masih kesulitan membongkar pertahanan Inter. Selain itu, Inter juga sering melancarkan serangan berbahaya manakala ada kesempatan.

Mendekati akhir babak pertama, Milan semakin menekan. Namun, usaha mereka masih gagal membuahkan hasil dan babak ini pun berakhir dengan keunggulan Inter, 1-0.

Di babak kedua, Milan semakin meningkatkan intensitas serangannya. Inter pun mulai sering kerepotan. Apalagi, babak ini baru berlangsung dua menit, Yuto Nagatomo mendapat kartu kuning kedua, alias harus keluar. Dia dianggap wasit sengaja melakukan handsball.

Bermain dengan 10 orang semakin menyulitkan Inter. Kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik oleh Milan yang terus menekan. Namun, mereka hanya mampu membuat peluang demi peluang, tanpa mampu mengkonversinya menjadi gol.

Di menit ke-54, Riccardo Montolivo, melepaskan tendangan jarak jauh. Bola meleset dari gawang Inter. Kegagalan juga dialami Bojan krkic pada menit ke-62, setelah memanfaatkan umpan Robinho.

Ketegangan sempat terjadi saat Robinho jatuh di kotak penalti Inter pada menit ke-80. Dia seolah ditarik Walter Samuel. Namun wasit menilai aksinya sebagai diving dan memberi kartu kuning kepada Robinho. Meski protes, wasit bergeming.

Inter bukan tanpa peluang. Pada menit ke-81, Rodrigo Palacio melakukan tendangan ke gawang Milan. Tapi, bola masih bisa diselamatkan Abbiati.(**)