Instan Jahe Mencegah Masuk Angin

ASRI/Bengkulu Ekspress PRODUK; Pengurus PKBM Putri Raflesia perlihatkan produk minuman instan jahe di stand lokasi lomba mewarnai gambar di Lapangan Sekundang, Rabu (12/9).

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress– Bagi warga Bengkulu Selatan (BS) yang sering masuk angin, PKBM Putri Raflesia punya resep untuk mengatasinya. Mereka mampu memporduksi jenis minuman sehat dan alami, minuman ini tanpa bahan pengawet dari Jahe. Produk tersebut diberi nama Instan Jahe.

“ Dengan rutin minum instan jahe, selain bisa menghangatkan tubuh, juga bisa mencegah masuk angin,” kata Ketua KPBM Putri Raflesia, Susmi Darti saat ditemui di stand pameran di sela-sela acara lomba mewarnai gambar di Lapangan Sekundang, Rabu (12/9).

Susmi mengatakan, tidak hanya itu, khasiat dari instan jahe ini juga bisa menambah stamina, menghambat bakhteri dan melancarkan peredaran darah. Minuman ini bisa diminum setiap saat, baik pagi, siang sore atau malam hari.“ Ambil satu senduk makan, lalu diseduh dengan air hangat, aduk sampai larut dan siap disajikan,” ujarnya.



Susmi menjelaskan, adapun cara membuatnya, kita cukup penyediakan bahan jahe 1kg, gula merah 0,5 kg dan gula pasir 0,5 kg. Jahe dihaluskan dengan cara digiling menggunakan mesin penggiling, kemudian diperas. Lalu diaduk bersama gula pasir dan gula merah sampai benar-benar bercampur sampai kering selama 2 jam.

Setelah itu dijemur sampai kering hingga dua hari. “ Cara membuatnya sangat mudah dan praktis, bahan mudah didapat, khasiatnya juga banyak,” beber Susmi Darti. (369)