Inspektorat Segera ‘Taantisipasi-penyimpangan-dd-dan-add-pemerintah-desa-diminta-jaga-hal-iningani’ Empat Desa

antisipasi-penyimpangan-dd-dan-add-pemerintah-desa-diminta-jaga-hal-ini
fOTO : ist

TAIS,Bengkulu Ekspress – Auditor Inspektorat Kabupaten Seluma, segera turun memeriksa secara khusus empat desa di Kabupaten Seluma. Terkait realisasi Dana Desa (DD) di desa tersebut. Yakni Desa Talang Rami Kecamatan Seluma Utara,

Desa Lawang Agung, Desa Air Periukan Kecamatan Air Periukan. Serta Desa Suban Kecamatan Semidang Alas (SA).

”Saat ini Inspektorat Seluma sudah membentuk tim untuk melakukan pemeriksaan khusus dan turun ke lapangan,” sampai Inspektur Inspektorat Seluma, Ramlan Fahmi, SE siang kemarin (12/3) saat diwawancarai Bengkulu Ekspress di ruang kerjanya.



Ramlan mengatakan, secepatnya auditor melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan ini, kata Ramlan, dilakukan karena Inspektorat menerima laporan dari masyarakat mengenai dugaan penyimpangan penggunaan DD di 4 desa tersebut.

Laporan tersebut disampaikan langsung oleh masyarakat ke Inspektorat Kabupaten Seluma beberapa waktu yang lalu.”Laporannya seputar pekerjaan DD di empat desa tersebut. Namun secara rincinya kami belum bisa sampaikan setelah pemeriksaan selesai nanti baru akan kami jelaskan,” tegasnya.

Dibeberkannya, apabila setelah dilakukan audit kemudian ditemukan adanya kekurangan fisik pekerjaan atau pelanggaran yang menjurus ke pidana.

Maka Inspektorat meneruskan hasil pemeriksaan itu kepada aparat penegak hukum (APK). Jika hanya sebatas pelanggaran administrasi cukup dilakukan pembinaan saja.

“Kami belum mengetahui hasilnya. Kami berharap hanya pelanggaran administrasi saja. Tapi kalau ada pelanggaran pidana. Misalnya, korupsi, atau juga kekurangan volume pekerjaan atau pemangkaasan anggaran.

Maka ditindak tegas dan kami sampaikan ke penegak hukum, agar diproses sesuai hukum yang berlaku,” pungkasnya. (333)