Inspektorat Diminta Cek Keluhan Masyarakat Soal Pungli di SD dan SMP

FOTO IMAN/ BE – Inspektorat Kota Bengkulu saat mengikuti hearing membahas terkait keluhan pungli, Rabu (08/09).

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Maraknya keluhan masyarakat terkait dugaan pungutan liar (Pungli) di lingkungan sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Bengkulu. Ketua Komisi I DPRD Kota, Teuku Zulkarnain meminta agar Inspektorat segera melakukan audit terhadap seluruh SD dan SMP di Kota Bengkulu.

“Banyak sekali keluhan yang masuk ke kita soal pungli di lingkungan sekolah. Inspektorat harus segera ambil bagian, audit sesegera mungkin SD dan SMP sederajat di Kota Bengkulu agar semuanya menjadi jelas,” kata Teuku kepada saat hearing bersama Inspektorat kota, Rabu (08/09).

Lebih lanjut, Politisi PAN ini mengatakan jika pungutan dalam bentuk apapun tidak boleh dilakukan di dalam lingkungan sekolah. Menurutnya pemerintah telah menyediakan berbagai anggaran yang khusus diperuntukkan bagi dunia pendidikan.

“Pungutan apapun bentuknya itu jelas dilarang. Entah itu untuk beli buku, bantuan pembangunan gedung dan lain sebagainya. Pemerintah sudah mengatur semua itu melalui dana BOS dan anggaran-anggaran khusus yang lainnya. Kalau pun masih ada siswa yang belum tercover bantuan diatas, kita minta sekolah mendata agar dicarikan alternatif bantuan lain,” ungkapnya.

Ia pun menegaskan jika pihaknya akan merekomendasikan agar Pemkot memberi sanksi tegas apabila kemudian hari ditemukan fakta bahwa sekolah melakukan Pungli. Apalagi jika dilakukan saat masyarakat masih dalam masa pandemi Covid-19. (Imn)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*