Inspektorat Audit DD 100 Desa

antisipasi-penyimpangan-dd-dan-add-pemerintah-desa-diminta-jaga-hal-ini
fOTO : ist

TAIS, Bengkulu Ekspress – Inspektorat Kabupaten Seluma, mengaudit realisasi penggunaan dana desa (DD) 2018. Bahkan saat ini auditor Inspektorat sudah memeriksa DD sebanyak 100 desa.

“Karena jumlah auditor kami terbatas. Pemeriksaan sudah dilakukan sejak Oktober 2018. Secara bergantian auditor mendatangi desa-desa tersebut.

Melihat pembangunan termasuk bukti penggunaan anggarannya. Saat ini sudah 100 desa yang kami periksa,” tegas Inspektur Inspektorat Kabupaten Seluma Ramlan SE kepada Bengkulu Ekspress. Hasil audit ini nantinya disampaikan kepada Bupati Seluma.

Sebanyak 182 desa di Kabupaten Seluma, 2018, menerima DD dengan total Rp 126 miliar, serta ADD Rp 55 miliar. Dari 100 desa tersebut ada dua desa yang akan diperiksa secara khusus auditor Inspektorat.



“Pemeriksaan khusus ini karena di dua desa tersebut terdapat pembangunan fisik, yakni jalan dan irigasi. Nah, pembangunannya masuk ke wilayah jalan kabupaten.

Serta beberapa kali menjadi perhatian pihak kepolisian,” tegasnya. Padahal DD hanya diperbolehkan untuk membangun lingkungan desa, serta jalan penghubung lingkungan desa. Bukan untuk membangun jalan kabupaten.

Jika pun melakukan pembangunan jalan kabupaten jelas harus ada izin dari kepala daerah kali ini Bupati Seluma. “Dalam aturannya kan sudah jelas. Jenis pembangunan apa yang diperbolehkan menggunakan DD.

Tapi dua desa ini ada melaksanakan pembangunan yang masuk wilayah kabupaten. Jadi akan kami periksa khusus. Selain itu, dua desa ini saat ini sedang diperiksa intensif oleh Penyidik Tipikor Polres Seluma,” katanya. (333)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*