Inilah 10 Bandara Terbaik di Dunia

072533_713186_bandara_changi_taman_dLagi, Bandara Changi di Singapura meraih predikat sebagai bandar udara terbaik dunia.

Sebelumnya, bandara internasional itu juga memuncaki daftar bandara top sejagat versi Skytrax pada 2014 dan 2013. Selain itu, Crowne Plaza Changi Airport mendapatkan penghargaan sebagai hotel bandara terbaik.

“Bandara Changi di Singapura adalah yang paling bagus di dunia,” terang lembaga konsultasi khusus maskapai dan bandara yang berbasis di Kota London, Inggris, tersebut.

Sejak pekan lalu, Skytrax merilis hasil survei tahunannya tentang bandara dan fasilitas bandara yang lain. Termasuk hotel bandara yang merupakan salah satu faktor penting penunjang operasional bandara.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Skytrax melibatkan jutaan penumpang pesawat dalam surveinya kali ini. Sebagian besar adalah para pelancong atau pebisnis kelas dunia yang sudah menjelajah banyak bandara. Kali ini, lagi-lagi, Asia menunjukkan dominasinya.

Dari sepuluh daftar bandara terbaik dunia tersebut, enam di antaranya adalah bandara yang terletak di Asia.

“Peringkat kedua setelah Changi adalah Bandara Incheon di Korea Selatan (Korsel),” terang Skytrax. Menyusul dua bandara terbaik itu Bandara Munich yang terletak di Jerman.

Selanjutnya, peringkat keempat, kelima, dan keenam adalah Bandara Hongkong; Bandara Haneda di Kota Tokyo, Jepang; dan Bandara Zurich di Swiss.

Bandara Internasional Jepang Tengah alias Centrair di Kota Nagoya menempati peringkat ketujuh. Peringkat selanjutnya sampai sepuluh adalah Bandara Heathrow di Kota London, Inggris; dan Bandara Schiphol di Kota Amsterdam, Belanda; serta Bandara Internasional Ibu Kota Beijing di Tiongkok. Sementara itu, Bandara Suvarnabhumi di Kota Bangkok, Thailand, berada pada peringkat ke-47.

Selain mendapatkan anugerah sebagai bandara terbaik, Changi menyabet gelar hotel bandara terbaik melalui Crowne Plaza Changi Airport. Itu kali pertama bandara yang terhubung dengan Bandara Changi tersebut mendapatkan penghargaan kelas dunia.

“Kami akan tetap melakukan yang terbaik dan memperbaiki kualitas pelayanan kami demi kenyamanan para tamu,” tegas Sunshine Wong, general manager hotel itu. (thestraitstimes/bangkokpost/h ep/c6/ami)