Ini Tiga Jurusan Paling Diminati Peserta SBMPTN Universitas Bengkulu

Lizar Alfansi
Lizar Alfansi

BENGKULU, BE – Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Bengkulu (UNIB), Prof. Lizar Alfansi, S.E , M.BA, Ph.D menuturkan, ada tiga program studi yang banyak diminati peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Jurusan tersebut, Farmasi, Kedokteran dan manajemen Ekonomi. Peserta yang mengikuti SBMPTN sebagian besar mereka yang gagal masuk melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

“Tiga jurusan favorit itu Farmasi, kedokteran dan manajemen Ekonomi, peminatnya diatas 700-an pemilih,” ungkap Lizar Alfansi.

Tingginya minat peserta yang mendaftar pada 3 jurusan tersebut, juga berdampak pada jurusan lain yang sedikit peminatnya kebanyakan yang berbau saintek.

“Ada beberapa jurusan program studi kita masih rendah peminatnya, seperti fakultas MIPA, pesertanya ada cuma tidak memenuhi kuota,” jelasnya.

Diterangkannya, dari jumlah pendaftar yang dinyatakan lolos SBMPTN diperkirakan 10-20 persen tidak mendaftar ulang. Untuk tahun ini kuota SBMPTN di UNIB, yang diterima sebanyak 2.300 orang diperkirakan 100-200 peserta yang tidak mendaftar ulang.

“Sekarang proses daftar ulang masih berlangsung dan kita belum mengetahui jumlah kuota yang masih kosong. Jikapun ada kuota kosong maka akan dialihkan pada kuota Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri,” jelasnya.

Disinggung mengenai besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang ditetapkan, Lizar Alfansi belum mau banyak berkomentar. Menurutnya, saat ini masih dalam proses pengisian dokumentasi administrasi.

“Akurasi besaran UKT itu diambil dari akurasi data yang diberikan peserta. Kalau data yang diberikan akurat maka besarannya pun akurat dan sebaliknya jika salah memberikan informasi bisa salah dalam menentukan besaran UKT,” tutupnya.  (247)

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*