Ini Makanan Terbaik untuk Umur Panjang

DIET adalah salah satu pilihan gaya hidup. Kita dapat  memperlambat proses penuaan dan menunda timbulnya penyakit kronis yang berkaitan dengan usia. Bayangkan pilihan makanan yang lezat, bergizi dan baik untuk anda, yaitu makanan yang mengurangi resiko terkena berbagai penyakit, meskipun anda sudah berusia lanjut.

“Hal ini mungkin terdengar rumit, tetapi memilih makanan yang tepat untuk umur panjang tidaklah sulit. Jika anda menjalani diet makan sehat, anda tentu akan memiliki energi yang kuat dan kesehatan yang baik, bahkan ketika anda mencapai usia tua,” kata Direktur Klinil Imperial, Dr Shreepad Khedekar, seperti yang dilansir laman Times of India, Minggu (14/7).

Berikut ini daftar makanan terbaik untuk kesehatan secara keseluruhan dan umur panjang.

1.Salmon
Salmon mengandung asam lemak omega 3 dan vitamin D. Asam lemak omega 3 membantu mencegah peradangan dalam tubuh anda dan membantu menjaga jantung anda tetap sehat. Hati yang sehat berarti individu yang sehat. Makan salmon setidaknya 2-3 kali seminggu, jika anda ingin hidup sehat.

2. Almond
Almond kaya akan mineral penting seperti potasium, asam folat, protein, lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E. Vitamin E adalah antioksidan dan lemak tak jenuh tunggal adalah anti inflamasi (obat-obatan yang mengurangi gejala peradangan). Oleh karena itu, makan setidaknya segenggam almond setiap hari, secara signifikan akan mengurangi risiko berbagai penyakit jantung dan membantu anda hidup lebih lama.

3. Air
Asupan air yang cukup akan akan membuat anda terhindar dari dehidrasi. Oleh karena itu, anda wajib untuk minum setidaknya 10-12 gelas air setiap hari.

4. Raspberry Hitam
Jika anda ingin makanan yang sehat, maka mulailah makan buah manis ini sebagai camilan setiap hari. Berry ini tidak hanya lezat dan manis, tapi juga kaya akan kekuatan super untuk melawan berbagai penyakit. Berry mengandung fitonutrien, yang dapat membantu untuk mengatasi penyakit berbahaya seperti, kanker dan jantung. Mulailah makan buah ini lezat sebagai camilan, atau sebagai makanan penutup atau sarapan pagi, dengan mencampurkan mereka dengan yoghurt atau sereal.

5. Brokoli
Brokoli kaya akan vitamin C, beta karoten, kalsium dan zat besi. Brokoli juga mengandung antioksidan seperti sulforaphane, yang dapat membantu melindungi sel-sel sehat dari kerusakan.

6.Telur
Untuk menjaga kesehatan otot, otot jaringan dan sistem kekebalan tubuh, jumlah protein yang cukup sangat diperlukan. Telur adalah salah satu sumber protein terbaik, yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Telur kaya akan asam amino.

7. Nanas
Nanas kaya akan vitamin dan mineral penting, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan sendi dan juga mengurangi risiko asma dan radang asma.

8. Stroberi
Stroberi mengandung antioksidan dan nutrisi penting lainnya, yang dapat mengurangi risiko berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan juga dapat membantu menjaga berat badan anda.

9. Kacang
Semua jenis kacang-kacangan baik untuk kesehatan. Kacang kaya akan serat dan protein. Kacang juga meningkatkan pertumbuhan bakteri sehat dalam usus anda, yang selanjutny dapat membantu dalam mempercepat fungsi pencernaan anda.

10. Alpukat
Alpukat adalah salah satu makanan sehat yang tersedia di planet ini. Alpukat mengandung hampir 25 nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan yang baik. Lemak yang ada di alpukat sebagian besar tak jenuh tunggal, yang membantu untuk menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Selain mengandung antioksidan, yang membantu dalam mencegah kerusakan sel, alpukat juga mengandung folat yang membantu memperbaiki DNA dalam sel. Konsumsi harian alpukat membantu dalam mencegah kanker, melindungi kesehatan payudara, dan menjaga kesehatan jantung.

11. Blueberry
Blueberry memiliki jumlah maksimum anti oksidan, vitamin C, dan vitamin K. Blueberry membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda, dengan meningkatkan hemoglobin dan konsentrasi oksigen dalam tubuh anda. Antosianin/anti oksidan yang terkandung didalam blueberry, mencegah penuaan dan memerangi berbagai penyakit.

12. Sardines
Ikan ini menegandung nutrisi penting seperti protein, asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6. Selain kaya akan asam amino, ikan ini juga kaya akan kalsium, magnesium dan zat besi yang membantu menjaga kesehatan tulang, yang akhirnya dapat mencegah penyakit alzheimer dan osteoporosis.

13. Bayam
Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kaya akan berbagai nutrisi penting dan juga rendah kalori. Bayam segar mengandung antioksidan yang tinggi seperti flavonoid, yang membantu mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker ovarium dan kanker prostat. Konsumsi harian bayam juga dapat meningkatkan kesehatan jantung anda, otak dan mencegah penuaan.

14. Jeruk Nipis
Lemon mengandung lebih dari 100 persen asupan harian vitamin C, yang dapat membantu meningkatkan  kadar kolesterol HDL dan memperkuat tulang. Citrus flavonoid yang ditemukan dalam lemon dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker dan berperan sebagai anti-inflamasi.(fny/jpnn)