Ini Kontes Binaraga untuk Lansia

PARA kakek dan nenek semestinya menghabiskan masa tuanya dengan bermain bersama cucu, atau berjalan-jalan santai. Namun, tidak demikian dengan Carl Cone, 75, Jim Shaffer, 77 dan Jamie Marcus, 57.

Ketiga pria berumur ini tak ingin melakukan aktivitas seperti lansia umumnya. Mereka menghabiskan waktu berlatih beban dan membentuk tubuh di gym sehingga tubuh mereka terlihat kekar seperti laiknya atlet binaraga.

Dari hasil kerja keras berolah raga, Cone, Shaffer dan Marcus, menjadi bagian  dari 300 kontestan yang mengikuti NPC Southern States Championships, kompetisi kebugaran Florida khusus untuk warga berusia di atas 50 tahun  yang dihelat di War Memorial Auditorium, Fort Lauderdale, Florida.

Tak mau kalah dengan yang muda, di kompetisi tahunan ini, para kakek nenek saling pamer fisik padat, berisi, dengan otot-otot yang menggembung dan liat.

Meskipun guratan usia tak bisa dielakkan yang tampak dari kulit wajah yang mengendur serta rambut memutih. “Saya rasa, akan lebih baik jika ada banyak orang-orang (lansia, red) yang unjuk gigi, dibandingkan hanya menghabiskan waktu di rumah karena semua orang bisa melakukannya,” ujar Cone yang semasa mudanya juga atlet binaraga.

Tak ingin terlihat lemah dan rapuh merupakan salah satu motivasi yang melecut warga senior mengikuti kompetisi tersebut. “Mungkin, kalian tidak akan menyangka jika saya menggunakan alat pacu jantung. Saya ingin memberikan motivasi yang sama kepada para lansian lainnya agar tidak gampang menyerah pada keadaan,” imbuh Cone.

Peter W. Potter, penyelenggara acara tersebut menyatakan, para lansia di Florida sangat aktif melakukan kegiatan fisik. Bahkan menurut Potter, para senior tersebut sangat bangga dengan kondisi fisiknya dan mereka tak segan untuk membentuk tubuhnya agar tetap terlihat seksi. “Mereka (lansia, red) tetap ingin terlihat menarik, hal tersebut yang menjadi motivasi besar mereka,” ujar Potter.

Evelyn Rosenblatt, 51, menyatakan dia sangat bekerja keras untuk membentuk tubuhnya hingga seperti sekarang. Dia harus menurunkan kadar lemaknya 8 persen dan berlatih beban setiap hari. Namun hasil keringat  Rosenblatt terbayar, dia bisa dengan bangga mengenakan bikini dan memamerkan tubuh seksinya.

Sementara Rick Meyer , 64, memliki alasan sendiri mengikuti kompetisi tersebut. “Kompetisi membuat saya bertenaga. Keluarga juga pasti gembira melihat saya tampak bugar,” katanya. (dailymail/mas)