Ini Dia Tipe Rumah Paling Laris

Para pengusaha yang tergabung dalam Real Estate Indonesia (REI) mengungkapkan bahwa hingga saat ini penjualan rumah di Indonesia sudah mencapai 320 ribu unit.

“Targetnya, akhir tahun ini akan sampai 400 ribu rumah,” kata Ketua Umum DPP REI, Setyo Maharso, dalam acara pameran Property BNI-REI Expo 2012 di Jakarta.(**)

Dari 400 ribu rumah yang dijual tahun ini, Setyo menjelaskan, sebanyak 50 persen adalah rumah berkelas kecil dan menengah dengan harga Rp150 juta ke bawah.

Sementara itu, 30 persennya, dia menambahkan, adalah rumah menengah dengan harga Rp150-300 juta dan 20 persennya untuk kelas apartemen dari harga Rp500 juta hingga Rp1 miliar. “Sisanya lagi, 10 persen adalah penjualan apartemen mewah di atas Rp1 miliar,” ujarnya.

Selain itu, Setyo menuturkan, dalam pameran properti yang digelar dari 20-28 Oktober 2012 di 20 kota seluruh Indonesia, diperkirakan menghasilkan transaksi sebesar Rp4 triliun.

Dari target penjualan tersebut, menurut Setyo, 50 persennya akan berasal dari penjualan rumah di kawasan Jabodetabek. “Sisanya baru tersebar di 19 kota lainnya,” kata dia.

Sedangkan transaksi ke depan yang akan didapat pengembang dalam pameran ini, dia menambahkan, tidak hanya terjadi pada saat pameran, namun juga setelah pameran. “Efeknya akan terasa sampai tiga bulan ke depan,” katanya.

Sementara itu, acara pameran ini diikuti oleh 750 pengembang yang merupakan anggota REI. Selain itu, akan ada ribuan rumah yang ditawarkan dari mulai kelas menengah bawah sampai menengah atas.