Ini Dia, Sekolah Penyelenggara UNP

1. UNBK SMA Muhammadiyah 1
. Dok/Bengkulu Ekspress
Siswa mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK), bagi siswa yang niai UNBK-nya rendah dan ingin memperbaiki nilainya dapat mengikuti ujian nasional perbaikan (UNP).

BENGKULU,Bengkulu Ekspress – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah menunjuk empat sekolah sebagai sekolah penyelenggara Ujian Nasional Perbaikan (UNP). Keempat sekolah itu antara lain, SMKN 1 Kota Bengkulu, SMKN 2 Rejang Lebong, SMAN 2 Bengkulu Selatan, SMAN 3 Mukomuko.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Drs. Budiman Ismaun melalui Kepala Bidang SMA R Wahyu DP menuturkan, peserta yang mengikuti UNP dapat mendaftar di empat sekolah yang ditunjuk tersebut.

”Pendaftaran UNP dibuka sepuluh hari terhitung 4-13 Juli 2018, secara online dengan mengakses ke laman https://unp.kemdikbud.go.id,” kata Wahyu.

Siswa yang nilainya belum baik dan untuk syarat masuk akpol silahkan mengikuti UNP. Jika ikut UNP dan hasilnya kurang baik, tidak akan dikuranginya. Siswa yang mendapatkan nilai Ujian Nasional dibawah nilai standar 55,0 disetiap mata pelajaran, bisa mengikuti Ujian Nasional Perbaikan (UNP) yang dibuka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tahun ini, pemerintah mengeluarkan syarat atau ketentuan peserta UNP, yaitu syarat pemenuhan masuk kepolisian dengan minimal memperoleh nilai masing-masing mata pelajaran 7,0. UNP hanya berlaku untuk jenjang SMA/SMK/MA lulusan tahun 2017 dan 2018. UNP tidak diberikan pada jenjang SMP sederajat terkait dengan wajib belajar.

“Siswa yang nilainya belum baik dan untuk syarat masuk akpol silahkan mengikuti UNP. Jika ikut UNP dan hasilnya kurang baik, tidak akan dikurangi, ” jelasnya.

Pelaksanaan UNP bertujuan memberikan peluang bagi siswasiswi yang ingin memperbaiki nilai dibidang akademiknya. Pemerintah hanya memfasilitasi bagi mereka yang belum puas dengan nilai UNBK-nya. Masih dikatakan Wahyu, siswa yang berminat dapat mendaftarkan diri secara langsung ke satuan pendidikan/sekolah dan tempat pelaksanaan ujian nasional yang dipilih.

Dengan menyerahkan salinan ijazah sementara, salinan SHUN atau SHUN sementara, pas foto terbaru ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar, dan kartu peserta ujian dari sekolah asal bagi peserta baru. Siswa dipersilahkan memilih jadwal ujian, sesi ujian dan mata ujian, peserta juga dapat mengisi surat pernyataan mengikuti UNP tahun 2018 yang disediakan, bermaterai dan menandatanganinya. (247).