Ini Dia Penjelasan BMKG Terkait Suhu Dingin dan Kabut di Bengkulu

DINGIN : Beberapa hari terakhir suhu di Bengkulu lebih dingin dan berkabut

BENGKULU, Bengkuluekspress.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan bahwa suhu dingin yang meliputi Kota Bengkulu dan sejumlah daerah di Provinsi Bengkulu merupakan fenomena yang dipengauri posisi matahari dan dibawah angin.

Hal itu diungkapkan kepala BMKG Bengkulu Klaus Damanik Apoho melalui Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Bengkulu Anang Anwar, Rabu (14/7).

Anang mengatakan, saat ini posisi matahari sekarang berada di Bumi Bagian Utara (BBU) yang sedang mengalami musim panas. Sedangkan Bumi Bagian Selatan (BBS) mengalami musim dingin.

Kemudian, lanjutnya untuk saat ini angin sedang mengalami periode angin timuran yang bersifat kering dan dingin, sehingga kondisi udara dingin ini dibawa oleh angin tersebut dari Australia menuju ke Utara dan melewati wilayah Indonesia.

“Sehingga kondisi udara menjadi lebih dingin terutama pada malam hingga dini harinya,” kata Anang, Selasa (14/7).

Ia menjelaskan, kondisi di Bengkulu sendiri untuk dua hari belakang dilanda hujan seharian. Sehingga menyebabkan suhu menurun dan terasa lebih dingin baik dari siang, malam hingga dini hari.

Ia menambahkan, untuk tiga hari kedepan kondisi akan kembali normal dalam artian hujan akan berkurang, hanya diwilayah perbukitan dan hanya hujan ringan. Akan tetapi kondisi dingin tersebut masih akan tetap terasa terutama pada malam hari hingga dini hari, sampai nanti posisi matahari akan berpindah ke ekuator atau ke BBS (Bumi Bagian Selatan).

“Kalau kabut asap akan mulai berkurang dua sampai tiga hari mendatang dan suhu udara akan kembali normal,” tutupnya.(HBN)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*