Ini Dia, Pemenang Audisi GBN

1
1. Endang/Bengkulu Ekspress
kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bengkulu Martina Nengsih, berfoto bersama dengan pemenang audisi GBN tingkat Kota Bengkulu, 2018

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Empat siswa/siswi jenjang SMA di Kota Bengkulu, berhasil menjadi pemenang dalam audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) yang digelar Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bengkulu. Selanjutnya mereka mewakili Kota Bengkulu ke audisi GBN tingkat Provinsi Bengkulu. Untuk mengisi acara pada Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) 17 Agustus 2018.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bengkulu Hj Martina Nengsih, MPd menuturkan, seleksi GBN sudah berlangsung pada 2 juni lalu, dengan empat kategori jenis suara yaitu sopran, alto, Bass dan tenor. Dengan melibatkan juri dengan sertifikat nasional yang ada di Bengkulu seperti Wiyati SPd A Nindiyo Subroto dan Suryono MPd.

Para peserta yang mendaftar cukup banyak, baik jenjang SMA/SMK maupun Perguruan tinggi negeri, namun yang diambil hanya empat peserta. Mereka ini nantinya akan diseleksi kembali ditingkat provinsi dan pemenang provinsi akan bergabung dalam tim paduan suara Gita Bahana Nusantara (GBN) pada peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2018 di Jakarta.

“Hampir setiap tahun perwakilan asal Kota Bengkulu selalu diutus ke tingkat nasional. Harapanya tahun ini pun perwakilan asal kota Bengkulu kembali mengharumkan nama Bengkulu,” ujarnya.

Para pemenang mewakili Kota Bengkulu. Datanya langsung diambil dan diserahkan ke tingkat provinsi.
Para pemenang diminta terus berlatih dan mempelajari petunjuk tehnis sehingga mereka tahu batasan yang harus dilakukan.  “Sasaran kita terseleksinya para generasi muda yang memiliki potensi dan memiliki minat seni musik dan suara dapat bergabung dalam GBN tingkat nasional, ” tandasnya. (247)