Ini Dia Calon Terkuat Ketum PSSI

060415_151483_joko_driyono_dSURABAYA – Ada sembilan nama calon yang bersaing untuk merebut kursi ketua umum PSSI. Yakni, Achsanul Qosasih, Benhard Limbong, Subardi, La Nyalla Mattaliti, M. Zein, Djohar Arifin, Sarman Pangabean, Syarif Bastaman, dan Joko Driyono.

Dari sembilan kandidat tersebut, nama Joko Driyono berada di jalur atas. Pria yang kini duduk sebagai Sekjen PSSI itu disebut-sebut dijagokan mayoritas pemegang hak suara dalam kongres. Tidak hanya itu, kalangan di luar PSSI juga condong ke Joko.

Selama ini Joko memang dikenal cakap dalam sepak bola. Hanya saja, dia berada dalam kubangan lumpur sehingga tak jarang langkahnya menjadi tidak rasional.

Tetapi, daripada kandidat lainnya yang merupakan nama-nama lama di PSSI, pria asal Ngawi tersebut dipandang lebih baik.

Calon lainnya yang maju ke bursa pemilihan ketua umum PSSI memang bagian dari wajah lama induk organisasi sepak bola nasional. Antara lain, Subardi, Achsanul, Limbong, M. Zein, dan Syarif Bastaman. Nama lainnya, Djohar dan La Nyalla, saat ini bahkan masih duduk sebagai ketua umum dan wakil ketua umum PSSI.

’’Nama-nama lainnya jauh lebih hebat. Saya ini kan hanya mengikuti angin,’’ ucap Joko. Pria yang juga CEO PT Liga Indonesia tersebut maju karena ada dorongan dari orang lain. Karena itu pula, namanya lolos verifikasi paling akhir. ’’Terlalu dibesarkan kalau saya yang paling diunggulkan,’’ ucapnya.

Terpisah, Subardi menyatakan siap bersaing merebut kursi ketua umum. Pria asal Jogjakarta tersebut tidak sungkan ’’menjegal’’ kawan-kawan lamanya di PSSI. Dia mengaku sudah geregetan dengan kondisi sepak bola saat ini.

’’Saya memutuskan maju. Artinya, saya juga sudah siap bersaing dan melakukan perbaikan,’’ tegasnya. (fim/c20/ko)