Ini Daftar Harga Kayu Sengon

SONY DSC

KEPAHIANG, BE – Pabrik Sengon di bawah naungan PT Kepahiang Mulia Lestari saat ini sudah menerima pembelian kayu sengon yang akan dijual oleh masyarakat Kepahiang. Rincian pembelian kayu Sengon tersebut dengan diameter 10-14 cm seharga Rp 200 ribu/kubik, diameter 15-19 cm seharga Rp 325ribu/kubik, diameter 20-24 cm seharga Rp 425ribu/kubik, diatas diameter 25 cm denga harga Rp 500 ribu/kubik.
“Sebanyak 20 orang teknisi dari Kabupaten Wonosobo kita datangkan untuk memberitahu secara teknis pemasangan mesin dan sebagainya, dan kita pastikan pada bulan Mei mendatang pabrik beroperasi seutuhnya,” ujar pengelola pabrik sengon Iwan Sumantri Badar SE MM didampingi Direktur PT KML Lukman.
Dikatakannya, harga pembelian kayu sengon saat ini bersifat sementara, dengan tujuan nantinya seiring dengan kebutuhan produksi pabrik harga kayu sengon melambung tinggi.
“Saat ini kita beli dengan harga yang sudah tertera, itu bersifat sementara, nantinya sesuai dengan kebutuhan produksi harga kayu sengon semakin tinggi dan kita tidak menurunkan pembelian harga sengon,” jelas Iwan.
Menurutnya, untuk mengoperasikan pabrik Sengon, pihaknya siap merekrut sebanyak 300 karyawan asal Kepahiang.
“Mengenai karyawan kita merekrut asal Kepahiang tentunya, sebanyak 300lebih karyawan yang akan direkrut,” terangnya. Sementara, Armen warga Suro Baru Kecamatan Ujan Mas Kepahiang menyampaikan dirinya menaman bibit Sengon sebanyak 3.800 batang pada lahan seluas 1,5 Ha miliknya.
“Sekitar 2.000 batang akan kita jual dengan diameter 10-25 lebih. Belum dijual seluruhnya, karena sistem tebang pilih,” ujar Armen.
Menurutnya, budidaya Sengon sangatlah mudah karena tidak memerlukan perawatan yang lebih.
“Pada tahap penanaman sengon ini terbilang mudah, tidak perlu menggunakan pupuk dan dirumput, tetapi sangat menghasilkan seperti sekarang ini, setelah ini saya menanam sengon lagi,” jelasnya. (505)