Ini Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

UMAT Islam di penjuru dunia menyambut ibadah puasa Ramadan selama satu bulan penuh. Namun ada satu hal yang bisa mengurangi kepercayaan diri sesorang pada saat berpuasa. Yaitu bau mulut.

Dr. Rana Al Thalib, seorang dokter gigi umum dari dental clinic, Dubai Healthcare City, mengatakan bahwa keluhan bau mulut meningkat tajam hingga 60 persen selama bulan Ramadhan.

“Selama bulan Ramadan, beberapa orang mengalami bau mulut, karena kelenjar ludah tidak menghasilkan air liur yang cukup untuk menjaga nafas segar. Selain itu, bau mulut juga dapat disebabkan oleh jenis makanan yang dikonsumsi, dan kebiasaan gaya hidup tidak sehat lainnya,” kata Dr Rana Al Thib, seperti yang dilansir laman Gulfnews, Senin (8/7).

Berikut ini beberapa tips mencegah bau mulut saat berpuasa menurut Dr. Rana Al Thalib

1. Gosok gigi dan lidah

Dua sumber utama bau mulut ialah bakteri dan sisa makanan yang membusuk, maka dari itu diperlukan perawatan yang teratur dengan cara menyikat gigi. Biasakan selama bulan Ramadan, anda menyikat gigi setelah sahur, setelah anda bangun tidur, maupun pada siang hari.

2. Minum air putih

Minum air putih sebanyak 2 gelas hingga tiga gelas saat sahur, karena dapat membantu anda terhindar dari dehidrasi. Air putih juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi saliva ( air liur ) dalam mulut,sehingga dapat membantu menjaga kebersihan mulut anda.

3. Gunakan obat kumur anti septik

Tidak masalah jika anda menggunakan obat kumur selama bulan Ramahan, karena anda tidak akan menelan obat tersebut. Namun, jangan menggunakan obat kumur berbasis alkohol, karena dapat membuat mulut anda menjadi kering.

Anda juga dapat menggunakan benang gigi (dental floss)untuk membersihkan sisa-sisa makanan pada sela-sela gigi

4. Kurangi makanan yang banyak mengandung gula, untuk mencegah pengeroposan pada gigi, yang dapat menyebabkan bau mulut.

5. Hindari makanan yang bisa memicu bau mulut, seperti misalnya cokelat. Cokelat adalah makanan yang bersifat diuretik (merangsang pengeluaran urin). Akibatnya, mulut akan cepat mengalami kekeringan.

6. Selain air putih,minum teh hijau tanpa gula ketika berpuasa, dapat membantu mengatasi aroma mulut yang tidak sedap. Hal ini karena teh hijau mengandung zat polyphenol, yang membantu membunuh bakteri pada mulut dan saluran pernafasan.Fungsi lain dari tanaman ini adalah mengurangi peradangan pada rongga mulut dan gangguan pernafasan yang disebabkan oleh asap rokok. (fny/jpnn)