Ini Baju Renang Anti Hiu

121724_375137_baju_renang_anti_hiu_1SYDNEY – Sebuah perusahaan riset Australia meluncurkan pakaian anti hiu pertama di dunia. Pembuatan baju ini berkiblat pada penemuan baru tentang cara mengelabui pengelihatan predator laut guna mencegah atau menghindari sebuah serangan.

Bekerja sama dengan University of Western Australia”s (UWA) Oceans Institute, pengusaha Hamish Jolly dan Craig Anderson telah mengembangkan dua baris wetsuit yang dirancang untuk melindungi penyelam dan peselancar dari hiu.

“Ini didasarkan pada terobosan baru tentang sistem visioner untuk hiu ganas,” kata Anderson seperti dilansir channelnewsasia (18/7).

Dijelaskannya, melalui sains pihaknya telah mampu mengimplementasikan bahan yang mampu membuat sistem penglihatan hiu kebingungan.  Untuk mengaburkan pengelihatan hiu, Wetsuit ini dibuat dengan pola bergaris dan beberapa pola lainnya.

Penemuan ini sekaligus puncak dari proyek penelitian selama dua tahun yang didanai pemerintah Australia Barat menyusul serentetan serangan hiu yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Shark Attack Mitigation System (SAMS), menyatakan licensi teknologi pembuatan wetsuit Radiator ini dibuka untuk order online pertama dengan harga USD 392 atau sekira Rp 4 juta.

Dalam pengujian, desain baju tersebut dikenakan kepada boneka dan berhadapan dengan hiu macan di lepas pantai barat Australia. Hasil pengujiannya sukses dan sesuai dengan harapan. Pengujian lebih lanjut akan dilakukan di selatan Australia dan Afrika Selatan pada Desember-Februari tahun depan.

Hiu adalah spesies umum di perairan Australia tetapi serangan mematikan sebelumnya jarang terjadi, dengan hanya satu dari rata-rata 15 insiden tahunan. Namun, sejalan pertumbuhan penduduk jumlah serangan telah meningkat sejalan popularitas olahraga air. (esy/jpnn)