Ini Bahaya Gunakan Eyeliner Terlalu Dekat dengan Mata

MATA yang terbingkai cantik akan membuat Anda lebih percaya diri. Fokus riasan wajah memang lebih sering terpusat pada mata, sehingga tidak heran jika Anda dan sebagian besar wanita di seluruh dunia memakai eyeliner untuk mempertegas bentuk bingkai mata.

Namun jangan salah, jika Anda tidak berhati-hati menggunakan eyeliner maka tentunya akan merugikan mata Anda. Eyeliner yang diaplikasikan pada bagian dalam garis bulu mata sangat mungkin untuk pindah ke mata itu sendiri dan menyebabkan iritasi yang cukup berbahaya.

“Dokter mata sering melihat pasien yang datang ke klinik dengan residu eyeliner menempel pada lensa kontak atau terperangkap dalam lapisan atas mata mereka yang disebut film air mata,” kata pemimpin peneliti Alison Ng, seperti dilansir laman Fox News, Rabu (1/4).

Eyeliner yang terjebak dalam film air mata dapat mengakibatkan mata Anda menjadi tidak nyaman, terutama bagi Anda dengan mata sensitif atau sindrom mata kering. Orang dengan mata kering mungkin memiliki lebih sedikit air mata untuk mencairkan makeup.

Tim peneliti menulis bahwa pemakai lensa kontak juga menghadapi masalah ini. Lilin dan pigmen di makeup dapat mengikat lensa kontak dan mengurangi kualitas penglihatan dan bahkan berpotensi menyebabkan penglihatan kabur.(fny/jpnn)