Ini 4 Tips Memilih Kursi Goyang yang Baik dan Berkualitas Tinggi

IKE-31APA yang Anda lakukan di rumah ketika sedang tidak ada kegiatan? Bisa ditebak, bersantai adalah jawaban yang paling tepat, bukan? Bersantai di rumah pun bisa dilakukan dengan beragam cara, seperti membaca buku, menonton televisi, tidur, atau yang terakhir bermalas-malasan.

Lalu, pernahkah terpikir di benak Anda, benda apa yang paling pas dipakai untuk bermalas-malasan? Yup, jawabannya adalah kursi goyang. Dinamakan kursi goyang karena memang jenis kursi ini memiliki desain kaki yang melengkung dan bisa bergoyang ke depan dan belakang jika diayun.

Banyak orang menyukai kursi goyang bukan karena nyaman dan santai saja saat diduduki, bentuknya yang unik dan klasik juga menjadi alasan para pemakainya untuk mengenang nostalgia zaman dahulu, sembari menyenderkan badan di kursi goyang.

Efek rileks yang dihasilkan saat menduduki kursi goyang adalah pikiran yang menjadi lebih tenang dan mengatur pernapasan agar tetap baik. Hal inilah yang membuat kita sering merasakan kantuk saat duduk di kursi goyang. Rupanya manfaat ini diadopsi para pengrajin boks bayi dalam mendesain produk mereka—boks bayi bermodel kursi goyang. Sensasi yang dihasilkan pun sama seperti ayunan, sehingga si bayi akan cepat tertidur dengan pulas.

Model dan Jenis Kursi Goyang

Ada banyak model dan jenis kursi goyang yang bisa kita temukan di toko mebel. Kebanyakan dari mereka mengadaptasi dari desain luar negeri, seperti:

  • Kursi Goyang Windsor

Kursi goyang yang satu ini juga sering dikenal dengan nama The Windsor Rocking Chair. Dinamakan demikian karena model kursi goyang dengan sandaran yang tidak terlalu rapat seperti gigi sisir rambut ini dibuat pertama kali untuk diletakkan di Istana Windsor, Inggris, pada awal tahun 1700an silam.

  • Kursi Goyang Kennedy

Kursi goyang kennedy ni mendapat nama dari kisah mantan presiden AS, John F. Kennedy, yang pada saat itu menderita sakit punggung parah dan dokter menyarankannya untuk menggunakan kursi goyang yang awalnya diberi nama Carolina ini. Jika dilihat, kursi goyang ini bentuknya sama persis dengan kursi biasa, yang membedakan hanya kaki kursi yang memang didesain untuk kursi goyang.

  • Kursi Goyang Shaker

Dibanding kedua jenis kursi goyang sebelumnya, Shaker merupakan jenis kursi goyang dengan proporsi yang sederhana dan tidak banyak hiasan. Ciri lain dari Shaker adalah sandaran kursinya yang berjejak cukup tinggi dan diberi aksen tonggak runcing. Umumnya, dudukan kursi goyang jenis ini dibuat dari rotan, kulit, atau bulu domba.

Bagaimana Tips Memilih Kursi Goyang yang Baik?

Bagi Anda yang berniat untuk membeli atau memiliki kursi goyang di rumah, sebaiknya perhatikan dulu tips-tips memilih kursi goyang berikut:

  • Di Sudut Mana Kursi Goyang akan Diletakkan?

Hal pertama yang wajib Anda perhatikan adalah menentukan tempat atau ruangan rumah bagian mana yang akan ditempati kursi goyang? Hal ini penting, karena jenis ruang yang satu dengan lainnya akan ikut menentukan jenis kursi goyang seperti apa yang cocok.

Sebagai contoh, jika ingin meletakkan kursi goyang di ruang tengah atau ruang keluarga, kursi goyang dengan dudukan empuk akan lebih cocok dipasang di sini. Untuk aksen dan warna, Anda bisa memilihnya sesuai keinginan.

  • Faktor Kenyamanan

Kita membeli kursi goyang tentu karena ingin menikmati rasa nyaman, bukan? Karenanya, pilihlah model atau jenis kursi goyang yang Anda anggap paling nyaman saat dipakai. Faktor ini cukup penting sebab sangat erat kaitannya dengan relaksasi tubuh dan pikiran saat menggunakan kursi goyang itu sendiri.

 Karakteristik sebuah kursi goyang bisa disebut nyaman di antaranya adalah dudukan kursi yang nyaman dan cukup lebar, lengan kursi tidak terlalu tinggi dari jangkauan, serta sandaran kursi yang nyaman saat dipakai.

  • Perhatikan Goyangan Kursi

Hal ketiga adalah meneliti apakah kursi bisa bergoyang dengan sempurna. Dalam hal ini, apakah kursi akan cepat berhenti dalam beberapa detik ataukah harus selalu digerakkan agar tetap bergoyang. Jangan abai dengan ini karena bisa menghemat tenaga Anda sendiri.

  • Material yang Digunakan

Material atau bahan yang dipakai untuk membuat kursi goyang juga tak kalah pentingnya untuk diperhatikan lho. Selain kayu, kursi goyang juga umumnya dibuat dari rotan atau bambu. Untuk urusan material bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan bujet yang sudah Anda siapkan, tapi ingat untuk tetap mengutamakan faktor kenyamanan.

Nah, itu saja jenis dan tips-tips memilih kursi goyang yang nyaman digunakan. Anda juga dapat membeli kursi goyang terbaik di website furniture online dekoruma.com