Ingin Punya Kios, Daftar ke Dinas Perindagkop BS

SOSIALISASI: Bupati BS saat melakukan sosialisasi kios sekundang di pendopo rumah dinas Bupati, Kamis (17/9).

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Program Kios warga Sekundang yang digagas Bupati Bengkulu Selatan (BS) beberapa waktu lalu, saat ini mulai disosialisasikan ke masyarakat. Bupati BS, Gusnan Mulyadi SE MM mengimbau warga yang ingin memiliki usaha kios dapat segera mendaftar ke dinas terkait.

“Kita akan realisasikan program Kios Sekundang, yang mau silahkan daftar ke Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) BS,” katanya saat menghadiri sosialisasi Program Kios warga Sekundang di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Kamis (17/9).

Dikatakan Gusnan, Program tersebut kerjasama antara Pemerintah Daerah Bengkulu Selatan bersama PT Taspen, Bank Mandiri Tabungan Pensiun, Bank BNI Syariah dan BRI. Program ini untuk masyarakat BS, baik dari kalangan pensiunan, pelaku UMKM maupun masyarakat umum. Melalui program Kios Warga Sekundang ini, masyarakat berkesempatan memiliki usaha Minimarket/kios/warung meskipun belum memiliki modal awal. Syaratnya, warga memiliki ruangan 2,5×2,5 meter, kemudian dicat putih. Lalu semua perlengkapan dan peralatan akan disiapkan oleh PT Jaring Sistema Semesta (JSS).

“Warga cukup siapkan lokasi, nanti permodalan dibantu,” ujarnya.

Kepala Dinas Perindustriam, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro, Herman Sunarya SH NH mengatakan bagi masyarakat yang berminat, agar bisa menghubungi Dinas Perindagkop. Sedangkan Informasi lebih lengkap bisa ditanyakan ke Dinas Perindagkop.

“Bagi yang berminat silakan datang ke Kantor Koperindag, ambil formulir dan lengkapi persyaratan,” ujar Herman Sunarya.

Ketua Persatuan Wredatama Republik Indonesia BS, Resmen Asnawi menyambut baik program ini. Dirinya berharap program ini dapat segera terealisasi.

“Kami harap program ini segera terealisasi,” harap Resmen.

Kepala Cabang Taspen Bengkulu, Fanny Yudha Widyanto berharap Pemda BS bisa menjadi pilot project, pelopor dan menjadi contoh program kios warga bagi daerah lain. Untuk itu, melalui kerjasama dengan JSS, pihaknya membuatkan sebuah konsep toko yang tradisional tapi modern. Kemudian akan buat sebuah paket yang kecil, yang simpel tapi dia punya visi pelayanan yang sangat luar biasa layaknya toko modern yang saat ini menjamur di sekitar kita.

“Dari sistemnya, dari aplikasinya kita siapkan, produknya kita siapkan. Display, branding dan training itu semuanya dari kita, termasuk barang dagangannya kita pasok,” ujar Fanny Yudha Widyanto.

Kepala Kantor Bank Mandiri Taspen Manna, Azmi juga kepala Bank BNI Syariah, Deki Hadiwibawa, Kepala BRI Cabang Manna, Bambang Parulian, mereka menyatakan kesiapan pihaknya untuk mendukung program kios sekundang. “Kami siap.mendukung program Kios Sekundang ini, Ujar Azmi diamini Deki dan Bambang. (asri)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*