Inggris Uji Coba Mobil tanpa Sopir

122035_228059_Mobil_InggrisLONDON – Pemerintah Inggris bakal menguji mobil tanpa sopir di jalan umum pada akhir 2013. Sejauh ini, uji coba dari kendaraan otonom dilakukan hanya pada jalanan tertentu yang lebih privat.Mobil tanpa sopir ini dipandu sistem sensor dan kamera dinilai berpotensi lebih aman dan lebih efisien daripada kendaraan biasa. Namun, untuk menjamin keamanan, sopir cadangan akan naik bersama selama tes yang dapat mengambil alih dalam keadaan darurat.

Menurut laman BBC (16/7), rencana tes ini telah resmi disahkan Departemen Transportasi, sebagai bagian dari investasi untuk mengurangi kemacetan di Inggris.

Laporan itu mengatakan kendaraan driverless mampu mengemudi sendiri dengan menggunakan pengetahuan tentang lingkungan di mana mereka mengemudi. “Mereka menjaga jarak aman dari kendaraan di depan pada kecepatan yang ditetapkan dan tanpa menyimpang dari jalur mereka – semua tanpa masukan pengemudi,” ujar sumber Kementrian Transportasi Inggris.

Untuk saat ini, mobil-mobil akan menjalani tes ringan di pedesaan dan jalan pinggiran kota dalam mode semi-otonom dengan memberikan penumpang manusia untuk campur tangan dalam kondisi darurat.

Tim penguji dari Oxford University yang telah mengembangkan dan menguji teknologi mobil otonom yang diadaptasi Nissan Leaf. Teknologi ini menggunakan laser dan kamera kecil untuk menghafal perjalanan biasa seperti bolak-balik atau menuju ke sekolah.

Untuk perusahaan, Google merupakan leader mobil tanpa sopir, dengan armada prototipe Toyota Prius yang telah mampu menempuh lebih dari 300 ribu mil di jalan umum.

“Mobil self-driving akan secara dramatis meningkatkan kualitas hidup untuk semua orang dan itu akan tersedia secara komersial dalam beberapa dekade,” ujar pendiri Google Sergey Brin. (esy/jpnn)