Inggris Bersiap Tanpa Lampard

LONDON, BE – Inggris merupakan tim yang paling sibuk bongkar pasang skuad menuju Euro 2012. Pelatih Roy Hodgson sudah tiga kali melakukan pergantian pemain dari 23 pemain yang menjadi pilihan awalnya dua pekan lalu. Alasannya sama, cedera.
Setelah kiper ketiga John Ruddy dan gelandang bertahan Gareth Barry, giliran Frank Lampard yang harus mengubur keinginan tampil di Euro menyusul cedera paha dalam sesi latihan Rabu lalu waktu setempat (30/5). Hasil scan menyatakan apabila cedera playmaker Chelsea itu tidak akan pulih di awal turnamen.
“Fakta bahwa dokter tidak bisa memberi jaminan Frank (Lampard) bisa tampil di fase grup membuat kami harus menggantikannya dengan pemain lain,” kata Hodgson seperti dilansir BBC.
Hodgson memang tidak mau gambling membawa pemain cedera mengingat Inggris sudah tidak bisa menurunkan striker utama, Wayne Rooney, di dua laga awal fase grup karena menjalani skors. “Frank selalu dalam kondisi terbaik dan memberikan kontribusi besar bagi Inggris di kualifikasi. Dia juga sangat menantikan turnamen ini. Jadi, tercoret dari tim hanya beberapa hari sebelum turnamen sangat menyakitkan baginya,” sambung pelatih yang baru menangani Inggris sejak 14 Mei lalu itu.
Lampard merupakan salah satu pemain dengan caps terbanyak dalam skuad Inggris saat ini. Dengan 90 kali membela Three Lions ” sebutan Inggris, Lampard hanya kalah dari rekan seklubnya, Ashley Cole (93), dan kapten tim Steven Gerrard (91).
Absen di Euro pun menjadi pukulan telak bagi Lampard. Seiring usianya sudah menapak 33 tahun, sulit melihat keponakan pelatih Tottenham Hotspur Harry Redknapp tersebut masih terpilih di even major berikutnya, Piala Dunia 2014 di Brazil. Itu pun dengan catatan Inggris lolos.
Sebagai pengganti Lampard, Hodgson justru memilih pemain minim pengalaman. Pilihan jatuh kepada gelandang 21 tahun asal Liverpool, Jordan Henderson, yang baru dua kali membela Inggris. Itu berarti Liverpool menyumbang pemain terbanyak dalam skuad Three Lions atau lima pemain.
Kabarnya, Hodgson sempat merayu gelandang Manchester United Michael Carrick yang sejatinya sudah mengumumkan pensiun dari timnas dua tahun lalu. Tapi, Carrick yang mengoleksi 20 caps tersebut menolaknya dan terlihat tengah liburan bersama keluarganya di Barbados.
Di sisi lain, absennya Lampard juga bermakna positif. Yakni, bagi pihak-pihak yang selama ini memperdebatkan dualisme Lampard dan Steven Gerrard di lini tengah Inggris. Mereka beranggapan kedua pemain tersebut tersebut tidak pernah cocok dimainkan bersamaan.(**)