Info Sekolah Polisi Masuk Sekolah

Untuk lebih mempererat hubungan antara polisi dan sekolah, Polsek Taba Penanjung baru-baru ini kembali menghidupkan program polisi masuk sekolah (police go to school). Program ini selain mendekatkan kepolisian kepada sekolah sekaligus memberikan masukan pengetahuan dalam kerangka menciptakan kehidupan sosial yang tertib dan terjaga.

Materi program ini antara lain mencakup ketaatan dalam berkendara, penataran bahaya pornografi, narkoba dan sikap laku lain yang bermanfaat bagi bekal anak ke depannya.

“Ini program lama namun sudah tidak berjalan. Saya ingin menghidupkannnya kembali sekaligus mendekatkan instansi ke sekolah-sekolah, dalam kerangka polisi masuk sekolah atau police go to school,” kata Kapolsek Taba Penanjung, Iptu Andi Ali Surya.

Program police go to school bagian dari program kepolisian, guna mendekatkan diri ke masyarakat, seperti program police go to campus.

Tujuannya agar bisa turut membina pelajar dan memberikan suasana lain di sekolah. Saat ini Polsek Taba Penanjung berupaya bersinergi dengan dunia pendidikan, dengan terlibat sebagai pembina upacara pada hari Senin, di beberapa sekolah.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 kali dalam seminggu. “Dengan adanya polisi sebagai pembina upacara siswa didik akan melihat suasana yang beda dari sebelumnya. Jika tiap Senin upacara bendera guru mereka yang jadi pembina. Namun beberapa terakhir polisi yang  menjadi pembina, menciptakan suasana yang lainlah, something different,” kata Andi, lajang asli Makasar ini.

Dia menambahkan, selain ke sekolah polisi juga berusaha mendekatkan diri dengan warga, melalui Forum Komunikasi Polisi dan Masyarakat (FKPM). Salah satunya dengan pengadaan baju ojek. Baju itu langsung diserahkankan ke tukang ojek untuk menata lingkungan yang ada. Dengan seluruh upaya, Kapolsek, ia berharap kedekatan polisi dengan dunia pendidikan dan unsur masyarakat dapat terjaga.

“Saat ini kami sudah berkoordinasi dengan MAN Nurul Huda Taba Penanjung, menjadwalkan diri kunjungan rutin ke sekolah itu,” katanya.
Dengan program ini harapannya, hubungan kepolisian dan seluruh elemen khususnya dunia pendidikan dan unsur masyarakat dapat harmonis. (122)