Indonesia Setingkat lebih Baik dari Singapura

wanitaSoal Kesetaraan Perempuan Mengembangkan Karier

JAKARTA – Kabar baik bagi perempuan di Indonesia saat peringatan Wanita Sedunia yang jatuh hari ini (8/3). Berdasarkan penelitian yang dilakukan Accenture Indonesia, kini Indonesia menempatisatu peringkat diatas Singapura sebagai negara yang sukses dalam mensetarakan perempuan untuk mengembangkan karier.

Penelitian tersebut dilakukan sejak 12 November 2012 lalu secara online pada lebih dari 4.100  profesional dari organisasi menengah hingga profesional. Subjek penelitian tersebut merupakan perempuan di 33 negara, di antaranya kawasan Amerika, Afrika, Eropa, Australia dan Asia

Selain itu, dari hasil studi tersebut menunjukkan bahwa para perempuan profesional Indonesia cenderung meminta kenaikan gaji hingga promosi jabatan, dibandingkan dengan profesional di negara lain.

“Penelitian menunjukkan bahwa keseimbangan kehidupan dan pekerjaan, beserta kemandirian dan pengembangan diri merupakan pertimbangan yang terpenting bagi perempuan Indonesia,” tutur Direktur Executive of Accenture Indonesia Neneng Goesnadi dalam acara peringatan International Women”s Day di Senayan Jakarta Jumat (8/3).

“Untuk memaksimalkan urusan karier, perempuan memerlukan dukungan di tempat bekerja hingga sparring life,” ucap Neneng Goesnadi

Dalam acara tersebut hadir beberapa pembicara. Misalnya Direktur Eksekutif IGGF Shyntia Roesli, Founder of rachel House Lyna Chandra, Director dan Produeser film Indonesia Nia Dinatha.

Sementara menurut Nia Dinata, soal kesetaraan perempuan untuk mengembangkan karier di Indonesia lebih tinggi dibanding di Singapura, lantaran perempuan Indonesia lebih peka dengan kondisi sosialnya ketimbang perempuan Singapura. “Perempuan-perempuan di Indonesia itu lebih terbuka jadi mereka lebih mudah bersosialisasi dibanding dengan perempuan Singapura,” kata dia. (nam/jpnn)