Indomaret Janjikan Produk UMKM Bisa Masuk Gerai

Emak-emak jadi peserta yang mendominasi dalam pelatihan UMKM Indomaret.

KEPAHIANG, bengkuluekspress.com – Manajemen pengelola ritel Indomaret menjanjikan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Kepahiang bisa masuk gerai atau toko Indomaret. Bahkan pengelola Indomaret menjanjikan produk lokal itu sudah dapat dijual di outlet Indomaret bulan April mendatang, jika sudah memenuhi ketentuan.

Kepala Dinas Pedagangan Koperasi dan UMKM Kepahiang, Husni Thamrin SE mengatakan, janji agar produk olahan masyarakat dapat dijual di gerai Indomaret disampaikan pihak Indomaret kepada Bupati dan Wakil Bupati Kepahiang.

“Mereka sebelum datang kepada kita meminta difasilitasi ke bupati dan wakil bupati, disana mereka menjanjikan jika produk UMKM kita bisa dijual di gerai Indomaret. Namun ada beberapa ketentuan atau syarat seperti memiliki izin paling tidak PIRT dari Dinas Kesehatan,” tegas Husni Thamrin.

Husni mengatakan sesuai janji managemen Indomaret jika produk UMKM Kepahiang sudah bisa masuk di empat gerai Indomaret Kabupaten Kepahiang, kurang lebih 15 hari ke depan atau sekitar awal bulan April 2021.

“Janjinya 15 hari ke depan sudah mulai masuk, asal sudah dapat memenuhi kesepakatan dengan pihak mereka. Tadi juga sudah dibentuk kelompok UMKM yang akan mengaturnya,” tutur Husni.

Sementara itu, Wakil Bupati Kepahiang H Zurdi Nata SIP menegaskan jika setiap perusahaan waralaba di Kabupaten Kepahiang harus bermitra dengan UMKM. “Cara kemitraan itu dengan menjajakan produk UMKM lokal dalam setiap gerainya. Bisa juga menyediakan ruang khusus untuk UMKM berjualan di area gerai,” terang Nata.

Pernyataan tersebut disampaikan Wakil Bupati saat membuka pelatihan kewirausahaan UMKM yang diselenggarakan oleh Indomaret Kepahiang Kamis (18/3). Nata mengingatkan para pengusaha yang menjalankan bisnis di wilayah Kabupaten Kepahiang, agar memiliki kepedulian terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat sehingga ikut memberdayakan warga lokal.

Terakhir, Wabup berpesan kepada UMKM untuk menjaga kualitas dan kuantitasnya. Baik dalam segi rasa sampai dengan kemasan. “Perhatikan juga rasa sampai dengan kemasan agar lebih menarik, sehingga kita dapat bersaing dengan produk UMKM di luar Kepahiang,” pesan Wabup. (320)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*