Indomaret dan Alfamart Diminta Siapkan Gerai Produk UMKM

DATANGI: DPMPTSP dan tim mendatangi Indomaret untuk memberikan pembinaan, Kamis (29/4).

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bengkulu Selatan (BS) Drs H Samsu Hardi MSi mengatakan, saat ini di BS sudah marak berdiri tempat berjualan dengan sistem manajemen yang modern yakni Indomaret dan Alfamart. Hanya saja gerai modern ini belum menyediakan tempat atau gerai untuk produk Usaha Kecil Mikro masyarakat (UMKM) warga.

“Kami minta semua Indomaret dan Alfamart di BS menyediakan gerai atau tempat memajang produk UMKM warga,” katanya saat mendatangi beberapa lokasi Indomaret dan Alfamart di BS, Kamis (29/4).

Tidak hanya itu, sambung Samsu Hardi, pihak perusahaan tersebut juga diwajibkan mengantongi perizinan limbah. Serta perizinan reklame. Sebab jika tidak mengurus perizinan tersebut, maka perusahaan tidak mengindahkan peraturan berusaha di BS.

“Kami saat ini memberikan pembinaan, kami berikan waktu 14 hari mengurusnya, jika tidak bisa saja nanti kami tutup operasinya,” ancam Samsu Hardi.

Selain itu sambung Samsu perizinan berusaha kedua perusahaan tersebut belum secara elektronik. Maka dirinya mengimbau agar mengurus perizinan yang terintegrasi secara elektronik dengan sistem Online Single Submission (OSS). Kemudian membuat laporan secara berkala mengenai perkembangan atau kemajuan perusahaan.

“Kita ingin semua tempat usaha di BS mentaati ketentuan peraturan perundang-undangan, sehingga kami akan bina semua pelaku usaha di BS ini,” terang Samsu Hardi.

Rahmad Febri, karyawan Indomaret di Desa Tungkal 2, Pino Raya mengaku sangat berterima masih atas pembinaan dari Pemda BS. Dirinya mengaku siap menyampaikan apa yang perlu dilengkapi oleh perusahaannya itu, demi kenyamanan berusaha dan kemajuan usahanya.

“Terima masih atas kunjungan ini, apa yang bapak-bapak dan ibu-ibu sampaikan akan saya sampaikan pada pimpinan dan kami siap menindaklanjutinya,” ujar Rahmad Febri. (369)