Imigrasi Perketat Pengawasan WNA

JPG/ist
ANTISIPASI CORONA: Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di beberapa tempat, termasuk di Bengkulu melakukan pemeriksaan kesehatan di ruang kedatangan di sejumlah bandara, termasuk bandara Fatmawati Bengkulu.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Demi mewaspadai penyebaran Virus Corona di Bengkulu, Petugas imigrasi Bengkulu bekerjasama dengan Imigrasi di Jakarta akan perketat pemeriksaan masuknya wisatawan atau warga negara asing (WNA) asal dari berbagai negara yang akan berkunjung ke Bengkulu. Sehingga penyebaran Virus Corona tidak akan sampai ke daerah.

Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Bengkulu, Adnan menuturkan, pihaknya bekerjasama dengan seluruh Kantor Imigrasi di Indonesia akan memperketat pemeriksaan WNA atau wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu. Terutama wisatawan atau WNA yang negaranya termasuk dalam golongan kawasan terinpeksi Virus Corona yang khususnya dari China.

“Kita akan berkoordinasi dan bekerjasama dengan petugas Imigrasi di Indonesia dan beberapa instansi samping yang berada di Bandara baik itu dari petugas Avsec, Karantina dan Bea cukai,” ungkap Adnan, kemarin (27/1).

Ia mengaku, upaya tersebut dilakukan pihaknya agar masyarakat di Bengkulu bisa terlindungi dan tidak terjangkit virus corona. Apalagi virus ini disebutkan dapat menyebabkan kematian bagi manusia.”Ini lah langkah antisipasi kita berdasarkan petunjuk dari pimpinan atas kepada kita,” kata Adnan.

Ia menambahkan, untuk pencegahan penyebaran Virus ini, pihaknya juga akan mengawasi akses pintu keluar masuk daerah baik di Pelabuhan dan Bandara. Bahkan, pihaknya telah menyiapkan alat pendeteksi suhu tubuh. Sehingga ketika tubuh mengalami sakit atau panas tinggi akan terdeksi oleh alat ini. “Di sana setiap pintu masuk disediakan alat pendeteksi suhu badan, kalau ada yang suhu tubuhnya tinggi maka nanti akan ketahuan, kan ciri-ciri orang yang terjangkit virus ini tubuhnya panas tinggi,” tuturnya.

Terakhir, Ia mengaku, penyebaran Virus Corona memang dibutuhkan upaya sejak dini. Hal ini mengingat daerah ini di kelilingi oleh provinsi-provinsi yang tidak menutup kemungkinan telah terdampak virus ini. “Kita hanya bisa mencegah jangan sampai virus ini menyebar di Bengkulu,” tutupnya.(999)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*