Imigrasi Pastikan Dokumen JCH Lengkap

REWA/Bengkulu Ekspress Petugas Imigrasi Bengkulu saat menempelkan stiker “Imigration Clearance” di Bus yang mengangkut CJH kloter terakhir asal Provinsi Bengkulu, Selasa malam (16/7).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Bengkulu tidak menemukan kendala dalam memberikan pelayanan kepada jamaah calon haji (JCH) asal Provinsi Bengkulu. Bahkan pihaknya menyatakan sudah memberikan pelayanan maksimal kepada 1.943 orang terdiri dari JCH, petugas haji, dan pendamping haji asal Provinsi Bengkulu untuk memiliki dokumen keimigrasian yang lengkap.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Bengkulu melalui Kasi Lalu Lintas Keimigrasian, Sutarmi menyatakan, dari pemeriksaan berkas JCH selama lima hari keberangkatan sejak 11 Juli hingga 16 Juli 2019 di Embarkasi Haji Antara Bengkulu tidak menemukan kendala yang berarti selama pemberian pelayanan pemeriksaan dokumen keimigrasian.

“Pelayanan kami berikan maksimal, sesuai dengan tugas Imigrasi karena Bengkulu sebagai Embarkasi Haji Antara, pengecekan paspor JCH dilakukan di Bengkulu. Sehingga ketika berada di Embarkasi Padang di Bandara Internasional Minang Kabau, tinggal diberangkatkan saja ke Arab Saudi,” kata Sutarmi, kemarin (17/7)

Ia mengaku, pengecekan dokumen keimigrasian JCH yang dilakukan pihak Imigrasi mulai dari penginputan data serta pengecekan paspor. Setelah dilakukan pengecekan maka langsung diserahkan kepada pihak Kementrian Agama (Kemenag) untuk dibagikan kembali kepada JCH bersangkutan. Kemudian melakukan bording pas dan naik ke bus untuk diberangkatkan menuju pesawat di Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu.”Setelah semua JCH naik ke bus maka petugas imigrasi akan melakukan penyegelan dengan stiker di pintu bus, artinya JCH sudah dilakukan pemeriksaan dan siap diterbangkan,” ujar Sutarmi.

Selain itu, penyegelan pintu masuk dan keluar bus dengan stiker bertuliskan “Imigration Clearance” tersebut selain menyatakan sudah dilakukan pemeriksaan keimigrasian juga merupakan Standar Operasional Prosedur (SOP) Keimigrasian. Dengan tujuan dapat mencegah adanya penumpang lain yang akan naik di jalan ketika perjalanan dari Asrama Haji menuju Bandara Fatmawati. “Keberangkatan Haji ini standarnya internasional, sehingga semuanya harus steril, meski kita ketahui jarak antara Asrama Haji dengan Bandara Fatmawati tidak begitu jauh. Tujuannya jangan ada penumpang lain yang naik di jalan,” tutupnya.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, Drs H Bustasar MS MPd mengatakan, salah satu unsur suksesnya pelaksanaan ibadah haji ke tanah suci adalah Petugas Imigrasi Bengkulu. Untuk itu, Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Petugas Imigrasi yang telah memberikan pelayanan maksimal terhadap keimigrasian JCH asal Provinsi Bengkulu. “Saya mengucapkan terimakasih kepada Petugas Imigrasi Bengkulu yang telah memberikan pelayanan maksimal ke JCH asal Provinsi Bengkulu,” tutupnya.(999)