Imbau Pelajar Jauhi Narkoba

Foto : Kapolsek Talang Empat, Iptu Ahmad Khairuman SE

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress – Kapolsek Talang Empat, Iptu Ahmad Khairuman SE bersama personelnya semakin gencar memberikan sosialisasi dan arahan kepada generasi muda agar menjauhi narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba).

“Narkoba merupakan barang yang dilarang untuk dikonsumsikan oleh masyarakat. Sebab itulah, kami akan memberikan pemahaman kepada para pelajar secara rutin dan berkesinambungan,” kata Kapolres Bengkulu Utara (BU), AKBP Ariefaldi Warganegara SH SIK MM melalui Kapolsek Talang Empat, Iptu Ahmad Khairuman SE saat memimpin upacara di SMA Negeri 6 Kabupaten Bengkulu tengah, Senin (4/2).

Dijelaskan Kapolsek, larangan mengkonsumsi narkoba tentunya bukan tanpa alasan, karena mengkonsumsi narkoba bisa mengakibatkan kehilangan kesadaran dan menjadi pecandu. Dampak negatif lainnya, pecandu bisa bersikap nekat melakukan apapun, termasuk aksi kriminalitas agar bisa mendapatkan uang untuk bisa membeli narkoba.

“Selain merusak fisik dan moral, kecanduan narkoba juga bisa pemicu terjadinya aksi kriminalitas,” tambah Kapolsek.



Selain merusak kepribadian masyarakat, konsumsi narkoba juga bisa membuat masyarakat dijerat dengan hukuman pidana penjara. “Baik pengguna maupun pengedar bisa dijerat hukuman penjara. Sebab itu, jangan sampai pelajar salah dalam bergaul,” harap Kapolsek.

Dalam membentengi generasi muda, Kapolsek mengaku akan menggelar sosialisasi secara rutin ke seluruh sekolah menengah pertama (SMP) ataupun sekolah menengah atas (SMA) yang berada di wilayah hukum Polsek Talang Empat. “Kami juga berharap para guru di sekolah bisa memberikan pendidikan tentang bahaya penggunaan narkoba. Disisi lain, keluarga juga memiliki peranan penting dalam memberikan arahan kepada pelajar agar dapat melakukan kegiatan-kegiatan positif, bermanfaat dan beprestasi,” tandas Kapolsek.(135)