Imbau OPD Gelar Kegiatan di Bengkulu tengah

Foto : Edi Hermansyah

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress – Demi meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) tahun 2019, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) mengingatkan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar memanfaatkan gedung atau aula yang berada di dalam daerah.

Baik gedung/aula yang didirikan secara mandiri oleh masyarakat atau pengusaha maupun gedung milik Pemda Bengkulu tengah. Penjabat (Pj) Sekda Bengkulu tengah, Edi Hermansyah SSi MSc PhD mengatakan, hasil pendataan selama ini, masih banyak OPD di lingkungan Pemda Bengkulu tengah yang menggelar kegiatan sosialsiasi, rapat koordinasi (rakor), rekonsiliasi serta kegiatan lainnya di aula hotel yang berada di luar Kabupaten Bengkulu tengah.

“Kami harap, seluruh OPD bisa memanfaatkan gedung yang ada di dalam daerah sendiri. Sebab, hal tersebut akan membantu meningkatkan PAD,” kata Edi.

Mendukung hal itu, Edi mengaku Pemda Benteng telah menerbitkan surat edaran dengan nomor : 0072/0028/BKD/2019 tentang pelaksanaan kegiatan di dalam wilayah Kabupaten Bengkulu tengah yang ditujukan kepada seluruh Kepala Dinas, Badan, Kantor OPD se-Kabupaten Bengkulu tengah.

“Saya harap, seluruh OPD bisa menaati instruksi yang telah diperintahkan,” tegas Edi.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Bengkulu tengah, Welldo Kurniyanto SE MM melalui Kabid Pendapatan, Tripuja Nugraha SSos mengatakan bahwa aktivitas sewa gedung atau aula yang ada di Kabupaten Bengkulu tengah merupakan salah satu sumber PAD.



Terkhusus yang dimiliki oleh pengusaha atau pribadi, sewa aula dikenakan pajak hotel yang wajib dibayar setiap tahun. Seperti aula Riung Gunung di Desa Nakau Kecamatan Talang Empat, aula Sindu yang berada di Desa Kembang Seri Kecamatan Talang Empat serta aula Maroba yang berada di Desa Ujung Karang Kecamatan Karang Tinggi.

Sedangkan untuk aula atau gedung milik Pemda Bengkulu tengah, sumbangsih PAD termasuk ke dalam kategori pemakaian kekayaan daerah. Diataranya adalah aula kantor Bupati Benteng. “Semakin banyak pemanfaatan gedung atau aula di Kabupaten Bengkulu tengah, maka akan semakin besar pula PAD yang akan diperoleh,” demikian Tripuja.(135)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*