Imbang, Langkah Rusia Tertunda

Ditahan imbang Polandia, langkah Rusia untuk menjadi tim pertama yang melaju ke perdelapan final Euro 2012 tertunda.  Hasil ini juga masih memungkinkan bagi Polandia untuk melaju ke semifinal, tantunya bila pada laga mendatang, mereka mampu menundukkan Rep Ceko.

Kondisi ini membuat persaingan di grup A masih sangat kompetitif. Tim dari 3 negara yakni Rusia, Ceko dan Polandia akan berebut tiket untuk lolos dari fase grup.  Sementara Yunani sendiri tidak akan menyerah begitu saja.  Kendati sudah tidak menentukan lagi, Yunani yang notabene juara Eropa 2004 tentu akan tetap berusaha untuk menang pada laga terakhir.

Kemenangan sebenarnya sudah di depan mata bagi tim Rusia.  Gol yang Dzagoev pada menit ke-36 babak pertama, membawa Rusia memimpin.  Namun mimpi Rusia buyar, saat Polandia mampu menyamakan skor menjadi 1-1 dalam laga kotra Rusia di Stadion Nasional, Warsawa, Rabu (13/6/2012) dinihari WIB. Gol Polandia dicetak oleh Jakub Blaszczykowski.

Sejak awal pertandingan Rusia dan Polandia silih memperagakan permainan dengan bola-bola pendek yang cepat. Kedua tim memaksimalkan lebar lapangan untuk melancarkan serangan ke pertahanan lawannya masing-masing.

Namun setelah laga berjalan sepuluh menit praktis Polandia yang menguasai jalannya pertandingan. Tim asuhan Franciszek Smuda itu kerap melakukan berbagai serangan yang nyaris membobol gawang Rusia yang dikawal, Vyacheslav Malafeev. Mulai dari aksi Robert Lewandowski dan Ludovic Obraniak.

Ketika pertandingan memasuk menit ke-18, seluruh suporter Polandia bersorak gembira setelah Eugen Polanski membobol gawang Malafeev. Namun wasit Wolfgang Stark menganulir gol tersebut. Sebabnya Polanski lebih dulu terjebak offside sebelum menerima umpan terobosan Lewandowski.

Setelah gol yang dianulir tersebut, Polandia semakin terpecut untuk membuka keunggulan. Namun Dewi Fortuna nampaknya belum menaungi Polandia. Rusia yang terus digempur justru mampu membuka keunggulan.

Pelanggaran yang dilakukan Marcin Wasilewski kepada Yuri Zhirkov di sektor kanan pertahanan Polandia membuat  Stark memberikan tendangan bebas kepada Rusia. Andrei Arshavin yang mengeksekusi tendangan tersebut memberikan umpan lambung yang apik, sehingga mampu disundul Dzagoev dengan sempurna. Gol untuk keunggulan Rusia.

Polandia terus berusaha menyamakan kedudukan.  Serangan gencar Polandia menyebabkan, Malafeev harus berjibaku menyelamatkan gawang. Dengan cemerlang Malafeev menepis tendangan terukur yang dilepaskan oleh Blaszczykowski.

Yuri Zhirkov punya kans untuk menggandakan keunggulan Rusia pada menit ke-43. Namun, tendangannya seneruskan sebuah sepak pojok masih melebar.

Di awal babak kedua, Polandia mencoba untuk langsung menekan. Sebuah sundulan Damien Perquis meneruskan sepak pojok Ludovic Obraniak masih melambung.

Kerja keras tim tuan rumah akhirnya berbuah pada menit ke-57. Blaszczykowski yang menusuk dari sisi kanan melepaskan tendangan cantik dengan kaki kirinya. Bola melengkung ke pojok gawang tanpa bisa dijangkau Malafeev.

Susunan pemain

Rusia: 16-Vyacheslav Malafeev, 4-Sergei Ignashevich, 12-Alexei Berezutsky, 5-Yuri Zhirkov, 2-Alexander Anyukov, 7-Igor Denisov, 8-Konstantin Zyryanov, 6-Roman Shirokov, 10-Andrei Arshavin, 11-Alexander Kerzhakov 17-Alan Dzagoev

Polandia: 22-Przemyslaw Tyton, 15-Damien Perquis, 13-Marcin Wasilewski, 2-Sebastian Boenisch, 20-Lukasz Piszczek, 5-Dariusz Dudka, 7-Eugen Polanski, 10-Ludovic Obraniak, 16-Jakub “Kuba” Blaszczykowski, 9-Robert Lewandowski, 11-Rafal Murawski

Wasit: Wolfgang Stark