Imam Mahdi Calon Rektor Terkuat, Siapkan Majukan IAIN Bengkulu

Foto IST/ BE – Dr. Imam Mahdi saat mendaftarkan diri sebagai bakal calon (Bacalon) rektor IAIN Bengkulu.

BENGKULU, Bengkuluekspress.com – Habisnya masa jabatan Rektor IAIN Bengkulu
Prof. Dr. H. Sirajuddin, M.Ag, MH pada 28 Juli mendatang, saat ini panitia telah melakukan proses penjaringan bakal calon Rektor IAIN Bengkulu.

Dalam proses penjaringan yang sedang berlangsung sudah enam orang bakal calon (Bacalon) yang sudah mendaftarkan diri. Dari 6 Bacalon tersebut, nama Dr. Imam Mahdi, MH muncul sebagai salah satu kandidat kuat sebagai calon rektor IAIN terpilih tersebut.

Imam Mahdi yang saat ini sedang menjabat Dekan Fakultas Syariah IAIN Bengkulu itu telah menyatakan kesiapannya untuk pencalonannya sebagai Rektor IAIN Bengkulu periode mendatang.

“Alhamdulillah siap, saya sudah mendaftarkan diri. Saat ini jumlah yang sudah mendaftar sebanyak 6 orang,” kata Imam dihubungi Bengkuluekspress.com, Selasa (19/5).

Ia berharap jika nantinya terpilih menjadi rektor, akan melanjutkan, mengembangkan dan memajukan IAIN Bengkulu dengan berpijak pada prinsip kebersamaan dan kerukunan.

Dirinya juga akan menyiapkan berbagai program untuk menyelaraskan kurikulum pendidikan dan industri pekerjaan.
Proses pembelajaran, sambungnya, berpusat kepada mahasiswa yang diharapkan dapat membentuk hardskill dan sofskill yang kuat bagi mahasiswa.

“Program lain seperti penelitian juga akan ditingkatkan. Misalnya kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan peningkatan mutu pendidikan serta pembangunan integritas,”ungkapnya.

Selain itu, tambahnya, dirinya akan terus melanjutkan perjuangan apa yang dicita-citakan bersama untuk meningkatkan IAIN Bengkulu menjadi Universitas Islam Negeri (UIN).

Imam Mahdi sendiri eksis berkarir sebagai tenaga Pengajar/Dosen STAIN Bengkulu, tahun 2009-2012, lalu menjabat Kaprodi Hukum Keluarga Islam (Akhwal Syaksiyah) STAIN Bengkulu, tahun 2012 menjabat Kajur Ekonomi Islam (Ekis) IAIN Bengkulu.

Lalu, pada tahun 2012-2015 menjabat Wakil Dekan III Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Bengkulu, tahun 2015 hingga sekarang menjabat Dekan Fakultas Syariah IAIN Bengkulu.

Selain itu, dirinya memiliki jiwa organisasi dimana dirinya aktif dalam berorganisasi. Lalu, dirinya kerap kali menjadi pemateri di pertemuan ilmiah nasional dan internasional, serta hobi terlibat dalam program pengabdian masyarakat serta telah konsisten berkarya ilmiah.

Sementara itu, ketua Panitia Penjaringan Bakal calon Rektor IAIN Bengkulu Dr. Hj. Khairiah, M.Pd mengatakan, saat ini sudah 6 orang kandidat bakal calon Rektor IAIN Bengkulu yang telah mendaftarkan diri. Keenam bacalon itu yakni Dr. Imam Mahdi, MH, Dr. Asnaini, MA, Dr. Zubaedi, M.Ag, M.Pd, Dr. Zulkarnain Dali, M.Pd, Riswanto, Ph.D, dan Prof. Dr. H. Rohimin, MA.

“Sampai dengan batas akhir waktu pendaftaran bakal calon Rektor IAIN Bengkulu, ada enam orang yang mendaftarkan diri,” katanya.

Ia mengungkapkan, tim panitia penjaringan hanya melakukan pembukaan penerimaan pendaftaran bakal calon dan melakukan verifikasi berkas itu. Begitu juga senat IAIN Bengkulu, tidak punya hak suara menentukan pilihan.

“Nama-nama bakal calon yang akan kita kirim ke pusat (Kemenag RI) nantinya akan diseleksi lagi oleh Tim Seleksi Nasional. Siapa yang terpilih nantinya setelah tahapan dipusat lalu ditetapkan oleh Menteri Agama RI,” tutupnya. (HBN)