Ilalang Terbakar, 1 Rumah Nyaris Terbakar

BENGKULU, BE–  Ditengah teriknya pancaran sinar matahari kemarin, sekitar pukul 13.30 WIB tiba-tiba rerumputan ilalang di Kawasan Bentiring terbakar tepatnya di Jalan WR. Supratman RT 5 RT 1 terbakar.
Musim kemarau saat ini membuat api sangat cepat menjalar. Bahkan 1 unit rumah yang tak jauh dari lkasi ilalang pun nyaris terbakar, yakni rumah milik Heri (40).

Saksi mata Heri (40), sekaligus pemilik rumah yang nyaris terbakar menuturkan, api berasal dari rerumputan ilalang sekaligus kebun di belakang rumahnya. Asap tebal sudah mengerubungi areal perkenunan itu sejak 2 jam. Melihat ada asap tebal tersebut, warga sekitar langsung panik. Warga menyadari telah terjadi kebakaran. Lalu mereka pun bergotong royong memadangkan api, menggunakan peralatan seadanya.  Mulai dari mengunakan ember, kaleng cat, bahkan ada yang menggunakan potongan kayu.

Beruntung ditengah kepanikan warga itu, Efrianto (37) Anggota Koramil 407-06 Muara Bangkahulu berinisiatif menghubungi Pemadam Bahaya Kebakaran (PBK). “Saya berinisiatif untuk menelpon Kantor Pemadam Kebakaran,” kata Efrianto.

Tim Pemadam Kebakaran setengah jam kemudian tiba di lokasi, bersama 4 Annggota PBK. Ahmadian (40) salah satu anggota PBK menuturkan Menginformasikan bahwa telah tejadi kebakaran. Tidak berapa lama tim PBK  “Begitu mendapat telepon dari warga ada kebakaran, kami langsung meluncur ke lokasi,” kata Ahmadian.

Begitu tiba, petugas PBK langsung menyemprot api dengan air. Api bisa dijinakkan dalam waktu cepat, hanya sekitar 15 menit sejak PBK tiba.
Walaupun hanya ilalang dan perkebunan sawit yang terbakar, namun kebakaran tersebut cukup menyita perhatian warga. Semakin lama, warga banyak berdatangan. Ada yang sekedar mampir untuk melepas rasa ingin tahunya, juga ada yang membantu memadamkan api. (Mg1)