Ikan Putih Mulai Langka

PatinPINANG BELAPIS, Bengkulu Ekspress – Gejala kelangkaan ikan putih yang dulunya banyak ditemukan di Sungai Sebelat Desa Sebelat Ulu, Kecamatan Pinang Belapis, Kabupaten Lebong membuat masyarakat Lebong khawatir. Bukan tanpa alasan, sebab masyarakat khawatir anak cucunya tidak bisa lagi menikmati kelezatan ikan yang dulunya sangat dikenal. Bahkan sempat menjadi ikon Lebong. Justru itu dengan tanda-tanda kelangkaan itu, sudah selayaknya dinas terkait dari Pemda Kabupaten Lebong melakukan antisipasi.

Seperti yang dikatakan Anggota DPRD Lebong, Popi Ansa, satu-satunya cara efektif yang harus segera dilakukan Pemda Kabupaten Lebong adalah dengan melakukan penangkaran. Bisa dengan membuat kerambah khusus penangkaran di sungai-sungai yang menunjang habitat pembiakan ikan putih. ‘’Ini juga harus menjadi perhatian dari Dinas Perikanan Provinsi Bengkulu,’’ kata Popi.

Salah satu titik yang cocok dijadikan lokasi penangkaran ikan putih, lanjut Popi, adalah di Sungai Sebelat Desa Sungai Lisai, Kecamatan Pinang Belapis. Bahkan masyarakat di Desa Sungai Lisai siap menjalankan program penangkaran. Termasuk bantuan mesin untuk produksi pengasapan ikan putih yang banyak digeluti masyarakat. ‘’Sejauh ini produksi pengasapan ikan putih yang dikembangkan masyarakat masih mengandalkan cara tradisional,’’ terang Popi.

Dengan adanya mesin produksi pengasapan ikan, lanjut Popi, kuantitas produksi ikan putih asap bisa ditingkatkan. Namun realisasinya tetap sangat bergantung dengan populasi ikan putih yang ada di Lebong. Jika Lebong bisa memproduksi ikan putih asap dalam jumlah banyak, setidaknya bisa dijadikan sebagai bahan oleh-oleh bagi pengunjung yang datang ke Lebong. ‘’Artinya bisa jadi ikon bagi Lebong,’’ tutup Popi.(777)