Ika Semaku Gelar Turnamen Catur Tingkat Provinsi

Pertandingan Eksebisi antar Plt Gub dan Atlet Catur Bengkulu
Pertandingan Eksebisi antar Plt Gub dan Atlet Catur Bengkulu

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Ikatan Keluarga Masyarakat Seluma Manna Kaur (Ika Semaku) menggelar turnamen catur Semaku Cup I tahun 2017 tingkat Provinsi Bengkulu. Turnamen yang digelar di Sekretariat Ika Semaku ini dibuka langsung oleh Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah yang juga selaku Dewan Pembina, Jumat (24/11/2017).

Dalam sambutannya Rohidin berharap melalui turnamen ini bisa menjadi persiapan untuk atlet catur Bengkulu dalam menghadapai Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) 2019. Dimana Bengkulu menjadi tuan rumah dalam ajang olahraga se Sumatera tersebut.

“Dengan turnamen – turnamen seperti ini setiap olahraga bisa berkembang dengan baik sehingga dapat menciptakan atlet – atlet handal kedepannya,” ungkap Rohidin.

Rohidin mengimbau agar masyarakat semakin menggalakkan olahraga di lingkungan masing masing mulai dari turnamen – turnamen kecil. Kemudian, kerjasama antara ormas – ormas dengan Dispora dan Koni dinilai efektf untuk meningkatkan partisipatif masyarakat

“Karena penyelenggaranya Ika Semaku, bisa juga dijadikan ajang mempererat tali silaturahmi,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Rohidin juga memberikan tambahan uang pembinnan senilai Rp 10 juta untuk para pemenang.

Sementara itu, Ketua Panitia Turnamen Catur Semaku Cup I, Irpanadi mengatakan sejauh ini ada 76 peserta yang mengikuti ajang ini. Peserta berasal dari seluruh kabupaten dan Kota se – Provinsi Bengkulu kecuali Kabupaten Lebong. Dari Kota Bengkulu sebanyak 43 peserta, Kaur 7 peserta, Bengkulu Selatan 3 peserta, Seluma 10 peserta, Kepahiang, 6 peserta, Bengkulu Tengah 3 peserta, Rejang Lebong 2 peserts dan Mukomuko 1 peserta. Pertandingan menggunakan sistem swis tujuh babak.

“Kami berharap dengan turnamen ini bisa menjadi ajang penjaringan dan pembinaan atlet – atlet yang berpotensi untuk diikutkan dalam pertandingan baik di dalam mauapun luar provinsi hingga tingkat nasional,” ungkap Irpan.

Semaku Cup I digelar selama dua hari dari tanggal 24 – 25 November 2017 memperebutkan total hadiah Rp 20 juta, trophy dan piagam penghargaan. (Dil)